Pemkot Madiun Peringati Hari Kartini dengan Selenggarakan Upacara

:


Oleh MC PROV JAWA TIMUR, Selasa, 24 April 2018 | 09:47 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 747


Surabaya InfoPublik - Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun mengadakan upacara untuk memperingati hari Kartini di halaman Balaikota, Jalan Pahlawan, Kota Madiun, Senin (23/4). 

Dalam acara tersebut yang bertindak inspektur Upacara adalah Istri Walikota Madiun, Ny Ismah Sugeng Rismiyanto dan sebagai peserta upacara terdiri dari Kowad, Polwan dan wanita dari jajaran Organisasi Perangkat daerah (OPD) dan organisasi wanita di Kota Madiun. 

Ny Ismah Sugeng Rismiyanto dalam sambutannya mengatakan, pada bulan April merupakan bulan yang istimewa bagi pergerakan emansipasi wanita. Karena tanggal 21 April merupakan peringatan hari lahirnya pejuang emansipasi wanita Indonesia, yakni RA Kartini. 

Ismah mengatakan, seperti diketahui dan dirasakan bersama, bahwa perjuangan RA Kartini dalam mengangkat derajat kaum wanita Indonesia agar sederajat dengan kaum pria, sungguh besar. Sehingga perjuangan dan api semangat RA Kartini, membuahkan hasil yang demikian besar bagi wanita Indonesia pada saat ini dan waktu yang akan datang. 

Kedudukan dan peranan wanita Indonesia saat ini, telah sejajar dengan kaum pria dalam berbagai bidang dan sektor pembangunan. Meskipun diakui jumlahnya belum seimbang apabila dibandingkan dengan kaum pria. Namun demikian, hak antara kaum pria dan wanita di Indonesia, telah sama. Hal ini terbukti tidak sedikit kaum wanita yang sukses menjadi pemimpin. Baik di pemerintahan, politik maupun pada sektor swasta. Sudah banyak kaum wanita yang duduk di kursi parlemen serta sektor lainnya. Tentunya, hal ini menjadi kebanggaan bagi bangsa Indonesia yang telah mengakui adanya persamaan gender. 

Peringatan hari Kartini di Kota Madiun 2018 dengan tema “Dengan Semangat Kartini Kita Wujudkan Pesta Demokrasi Yang Bermartabat”. Sesuai dengan tema tersebut, peringatan hari Kartini tahun 2018 ini memiliki beberapa tujuan yang antara lain meningkatkan peran serta wanita dalam pemilihan umum. Netralitas khususnya bagi aparatur sipil negara dalam tahapan Pilkada dan juga meminimalkan berita hoax ataupun ujaran kebencian. 

Diharapkan Ismah, kepada peserta upacara agar ikut berperan dalam mensukseskan pemilihan kepala daerah dengan cara menjaga netralitas. Baik sebelum, pada saat dan setelah pelaksanaan Pilkada. 

“Kepada ibu-ibu yang mempunyai hak pilih, dapat menyalurkan hak pilihnya pada pelaksanaan Pilkada 27 Juni 2018 mendatang. Untuk itu, sekali lagi marilah kita jaga dan kita pelihara kenetralan dalam pelaksanaan Pilkada. Selamat memperingati Hari Kartini 21 April 2018. Semoga api semangat RA Kartini senantiasa ada di setiap wanita Indonesia serta ikut berperan aktif dalam setiap pembangunan demi kemajuan dan kesejahteraan bangsa dan Negara tercinta Indonesia,” ujarnya. (MC Diskominfo Prov Jatim/non-ryo/eyv)