Kemenkominfo RI Selenggarakan Bimtek Integritas Layanan Publik di Sumatera Selatan

:


Oleh MC Provinsi Sumatera Selatan, Senin, 23 April 2018 | 22:56 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 372


Palembang, InfoPublik – Kementerian Kominfo RI bekerjasama dengan Disnas Komonikasi dan Informatika Prov. Sumsel adakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) dan sosialisasi layanan Aplikasi dan Informatiaka (Aptika) yang berlangsung selama dua hari 23-24 April 2018 di Aula Bina Praja Pemprov, Sumsel, Senin (23/4)

Acara ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Prov. Sumsel H. Nasrun Umar mengucapkan terimakasih dan sangat senang adanya kegiatan ini karena Bimtek soasialisasi layanan publik Aptika pertama kali di IndonsIa adalah Sumatera Selatan

Nasrun mengharapkan agar para peserta bimtek serius mengikuti kegiatan ini dan jangan sia-siakan peluang agar pelayanan publik berhasil secara optimal dan diimplementasikan. “Saya apresiasi kominfo sumsel atas inisiasi yang langsung responsif terhadap kegiatan yang seperti ini, ujarnaya”

Dalam sesi wawancara, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Selatan, Dr. Inanda Karina Astari Fatma mengungkapkan bahwa kegiatan ini adalah wujud komunikasi yang baik antara Kominfo Sumsel dengan Kemenkominfo terkait pengoptimalan pelayanan publik di bidang pemerintahan maupun swasta berbasis online. 

“Kita berharap, kegiatan ini dapat mendukung pembangunan Sumsel menuju Smart Province yang seimbang dengan kemajuan infrastruktur yang pesat”, ujarnya. 

Lanjutnya, beliau menyatakan bahwa Bimtek ini dapat mengoptimalkan konsep pembangunan melalui pengintegrasian seluruh pelayanan publik dari seluruh daerah di Sumsel di satu sistem pelayanan online.

Menurutnya, sehubungan dengan peningkatan kualitas sumber daya, Kominfo Sumsel telah mempersiapkan command center yang akan menjadi pusat informasi dan pengaplikasian layanan aplikasi online yang disosialisasikan dalam bimtek ini. 

“Untuk melaksanakan Program layanan Kominfo.go.id yang telah disediakan oleh Kemenkominfo, maka perlu sosialisasi yang baik kepada seluruh OPD yang ada di Sumsel”, ungkapnya.

Menambahkan, Direktorat E-Bussiness Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Azhar Hasyim, menyampaikan bahwa dalam kegiatan ini akan diinformasikan beberapa perkembangan yang telah dilakukan oleh pihak Kemenkominfo dalam pelayanan publik antar pemerintah, masyarakat, maupun swasta. 

“Target jangka pendek kegiatan ini adalah penggunaan aplikasi dapat dilakukan dengan baik, salah satunya pelaksanaan distribusi surat dapat dilakukan secara elektronik melalui website instansi”, ungkapnya.

Beliau berpendapat bahwa 14 jenis layanan yang telah dikembangkan oleh Kemenkominfo perlu untuk dikembangkan di daerah-daerah di Indonesia, termasuk  di Sumatera Selatan. Program layanan Kominfo.go.id, diantaranya terdiri dari siMaya, siCantik, dan siMantra. 

Melalui kegiatan ini akan memudahkan semua pihak dalam menggunakan pelayanan online.

“Semua instansi yang akan melakukan pelaporan dalam pelayanan online, dapat mendaftar melalui sistem online di layanan Diskominfo atau Kemenkominfo,”jelasnya. (MC Diskominfo Prov. Sumsel/TM/PE/AM/Eyv)