Sekda Bonebol Apresiasi Inovasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan

:


Oleh MC KAB BONE BOLANGO, Senin, 23 April 2018 | 22:33 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 272


Bonebol, InfoPublik - Sekretaris Daerah Kabupaten Bone Bolango (Sekda Bonebol) Ishak Ntoma mengapresiasi upaya dari jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) setempat, dengan segala keterbatasan yang ada telah melakukan improvisasi dan inovasi menyiapkan fasilitas komputer dan internet.

Selain itu, melakukan simulasi dan gladi bersih, serta memastikan kesiapan peserta sehingga penyelenggaraan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Kabupaten Bonebol, khususnya di 16 SMP dapat terlaksana dengan baik.

"Kami Pemerintah Daerah sangat mengapresiasi upaya yang telah dilakukan oleh jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bonebol bersama seluruh sekolah untuk mensukseskan penyelenggaraan UNBK tahun ini. Meskipun sebagian masih ada sekolah yang belum menerapkan UNBK,”kata Ishak Ntoma usai memantau dan monitoring UNBK jenjang SMP, di SMP Negeri 1 Bulango Timur, Senin (23/4).

Ishak Ntoma mengungkapkan, masih ada sebagian SMP di beberapa kecamatan yang belum menerapkan UNBK, seperti di Kecamatan Pinogu, sebagian Kecamatan Suwawa Timur, Kecamatan Bulango Ulu dan Bulango Utara, serta semua kecamatan di wilayah Bone Pesisir masih menerapkan Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP).

Oleh karena itu, katanya, ke depan kata Ishak Ntoma, pelaksanaan ujian nasional ini akan dievaluasi. Segala kekurangan maupun kendala-kendala yang dihadapi oleh sekolah, khususnya dalam pengadaan sarana dan prasarana pembelajaran siswa harus menjadi skala prioritas. 
Pasalnya, saat ini kita sudah menghadapi era digital atau zaman Now. Zaman milenial yang menuntut pemerintah daerah secepatnya mengantisipasi ini untuk menyiapkan sarana dan prasarana yang memadai.

"Insya Allah tahun depan secara bertahap, kami dari Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) akan mengalokasikan pendanaan untuk pengadaan komputer sebagai media pembelajaran anak-anak SMP, sehingga kedepan seluruh SMP se Kabupaten Bonebol dapat mengikuti UNBK,"ujarnya.

Ia pun berharap sekaligus mendoakan pelaksanaan ujian nasional jenjang SMP tahun ini berlangsung sukses dan seluruh siswa dapat menjawab soal ujian dengan baik."Semoga ujian tahun ini dapat berlangsung dengan sukses dan seluruh siswa bisa menjawab seluruh soal ujian dengan baik dan sempurna.(MC Bone Bolango/Hms/Sofyan/Kadir/Eyv)