Polres Singkawang Siap Amankan Pilkada Serentak

:


Oleh MC KOTA SINGKAWANG, Senin, 23 April 2018 | 15:12 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 275


Singkawang, InfoPublik - Wakil Kepala Polres Singkawang, Kompol Joko Sulistiono mengatakan, bahwa Polri sangat serius melaksanakan kegiatan pengamanan baik Pemilihan Gubernur (Pilgub) maupun Pemilihan Presiden (Pilpres). 

"Keseriusan itupula sudah ditandai dengan adanya operasi kepolisian Mantap Praja dimana sasaran dari operasi tersebut adalah mulai dari tahapan pendaftaran, penetapan, pencoblosan, sampai dengan penghitungan dan pelantikan calon terpilih," kata Joko, Minggu (22/4).

Meski demikian, dia tetap mengajak kepada aparat pemerintah maupun seluruh regulasi yang melaksanakan pemilu untuk senantiasa meningkatkan kerjasama dalam aspek komunikasi, koordinasi maupun kolaborasi.

"Tiga hal ini sangat penting karena apabila masing-masing regulator yang menyelenggarakan pemilu berjalan sendiri-sendiri maka pemilu yang dilaksanakan tidak akan bisa berjalan dengan baik," ujarnya.

Tapi kalau kita sama-sama membangun kerjasama sesuai tugas dan tupoksinya maka kita yakin bahwa Pemilu akan berjalan dengan lancar, aman dan tertib.

Terlebih, kegiatan-kegiatan yang dilakukan KPU dalam rangka Pilkada nanti tentu banyak sekali akan menimbulkan potensi gangguan Kamtibmas. "Jika memang terjadi gangguan Kamtibmas segera laporkan kepada kita," pintanya.

Sebagaimana yang sudah disampaikan KPU Singkawang, bahwa akan ada perubahan-perubahan dalam pelaksanaan pemilu khususnya pada Pileg dan Pilpres yang salah satunya adalah proses pencocokan dan penelitian (coklit) sudah tidak diberlakukan lagi.

"Terkait dengan perubahan ini hendaknya segera disampaikan dan di sosialisasikan supaya masyarakat bis memahami pelaksanaan Pemilu yang akan datang," pintanya.

Hal itu dimaksudkan, agar aturan dan mekanisme dalam pelaksanaan Pemilu dapat berjalan dengan baik. (MC. Singkawang/Vhutra/Eyv)