Dinkes Kota Tangerang Ajak Masyarakat Deteksi Dini Penyakit TBC

:


Oleh MC KOTA TANGERANG, Senin, 23 April 2018 | 15:01 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 395


Tangerang, InfoPublik - Dinas Kesehatan Kota Tangerang gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat Kota Tangerang untuk mendeteksi secara dini penyakit Tuberculosis (TBC), Senin (23/4).

Penyakit yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis ini menyerang dan merusak jaringan tubuh manusia terlebih saluran pernapasan.

Kepala Dinas Kota Tangerang, Liza mengatakan, deteksi dini yang dapat diketahui masyarakat yakni, bila seseorang sudah mengalami batuk yang tak kunjung berhenti, disertai rasa sakit dan sesak napas. Maka, hal tersebut patut diwaspadai adanya TBC.

"Biasanya, penyakit itu terutama akan mudah berkembang di wilayah padat. Makanya, kita berikan hal-hal yang harus diketahui saat kita sudah terkena TBC," ujarnya.

TBC sendiri dapat dicegah dengan pola hidup yang sehat yakni, olahraga rutin disertai dengan makanan empat sehat lima sempurna.

"Kalau sudah terkena tentu harus melakukan pemeriksaan dan pengobatan rutin seperti vaksin BCG dan menghindari kontak langsung dengan penderita tapi, kalau untuk mencegah hanya perlu menjaga pola hidup sehat,"jelasnya. (MC.Kota Tangerang/Eyv)