Meneladani Sosok Kartini di Lapas Wanita

:


Oleh MC KOTA MALANG, Senin, 23 April 2018 | 14:14 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 322


Malang, InfoPublik - Turut memberikan perhatian dan pengetahuan bagi warga binaan lapas wanita tentu akan berdampak besar bagi kehidupan para kaum hawa yang notabene memiliki masa lalu kurang baik. Hal inilah yang dilakukan oleh sekelompok mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Malang dalam memperingati Hari Kartini di Lapas Wanita Kelas IIA, Sukun Kota Malang, Jumat (20/4).

Banyak cara yang bisa dilakukan dalam berbagi dengan orang-orang yang nyaris dipandang sebelah mata oleh kebanyakan masyarakat pada umumnya, seperti para warga binaan lapas. Sedikit memberi pengetahuan dalam bentuk apresiasi lain, tentu akan sangat bermanfaat bagi orang-orang yang ada di balik tembok penjara ini.

Sekelompok mahasiswa yang menamakan dirinya Asean Medical Student Assosiation (AMSA), menggelar Seminar Kesehatan Reproduksi dan In Wonderearth yang sekaligus memperingati Hari Kartini.

Koordinator AMSA Triani Fadjrin Juliana mengatakan, gelaran ini diharapkan dapat memberi semangat hidup yang lebih baik bagi para warga binaan lapas wanita. Sehingga mereka bisa menjadi sosok-sosok yang tangguh, ulet dan pantang menyerah seperti halnya Kartini kala itu.

“Para warga binaan lapas ini, pasti mendapat banyak pelajaran dan pengalaman positif selama di dalam lapas. Sehingga mereka nantinya bisa menjadi pribadi-pribadi yang bisa menginspirasi orang sekitarnya, setelah keluar dari lapas,” imbuh Juliana.

Pada kegiatan ini, pemateri seminar mengupas tuntas tentang bagaimana cara mencegah terjadinya kanker serviks, karena selama ini kanker serviks adalah penyakit yang mudah dan sering dialami kaum perempuan. Pemateri kedua memberikan motivasi bagaimana menjadi seorang perempuan yang tangguh dalam kondisi apa pun dan bagaimana menjadi seorang ibu yang baik.

Selain itu, lomba dan pembelajaran rias wajah diikuti penuh antusias oleh para warga binaan lapas. Melalui berbagai acara ini, lanjut Juliana, juga diharapkan sosok Kartini di masa lampau yang gigih dan pantang menyerah dalam memperjuangkan hak-hak perempuan dapat ditiru dan menjadi sosok idola bagi para warga binaan lapas ini. (mc.kota malang/say/ram/eyv)