Pemkab Indramayu Ubah Program Rastra Menjadi BPNT

:


Oleh MC KAB INDRAMAYU, Minggu, 22 April 2018 | 06:07 WIB - Redaktur: Tobari - 915


Indramayu, InfoPublik - Pemkab Indramayu melalui Dinas Sosial dan Bank Negara Indonesia (BNI) Cabang Indramayu, menggelar sosialisasi perubahan Program Beras Sejahtera (Rastra) menjadi Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di hadapan para Camat dan Kepala Desa Se-kabupaten Indramayu.

Peluncuran Program Baru BPNT menggantikan Rastra atau lebih jelas disebut Beras Miskin (Raskin) di wilayah kabupaten Indramayu, berlaku 1 April 2018 yang dimana sistem bantuan akan menggunakan Kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM) oleh BNI dengan isi saldo Rp110.000 untuk ditukarkan menjadi uang tunai, sehingga nantinya dapat dipergunakan untuk membeli berbagai macam sembako .

Bupati Indramayu Hj. Anna Shopanah melalui Sekda Kabupaten Indramayu Ahmad Bahtiar. SH dalam sambutannya mengatakan, program BPTN yang sebentar lagi akan diluncurkan otomatis akan mengubah sitem bantuan di lingkungan Kecamatan dan Kepala Desa. Dengan begitu usulan bantuan terhadap masyarakat miskin masih terbuka sepenuhnya.

“Kick off BPNT di Kabupaten Indramayu mulai 1 April 2018, tapi pendataan maupun validasi sepenuhnya dilakukan oleh kemensos,"katanya. Saat di temui, Sabtu (21/4).

Bahtiar menambahkan bantuan BPNT tersebut nantinya akan di terima langsung oleh Keluarga Penerimaan Manfaat (KPM) dengan besaran bantuan Rp110.000 melalui kartu ATM BNI, dan tidak bisa dibagi kembali dengan KPM lainya.

Artinya setiap KPM akan mendapatkan ATM sendiri-sendiri. "Kartu dan PIN-nya dipegang oleh KPM, tidak bisa dibagi rata (seperti raskin),”tambahnya.

Sementara itu bersamaan di katakan oleh Kepala Dinsos Kabupaten Indramayu Marsono mengatakan, bagi masyarakat kabupaten Indramayu yang merasa belum dan sudah masuk dalam Basis Data Terpadu (BDP) penerimaan fakir miskin maka masih akan bisa di usulkan untuk mendapatkan BNPT.

"Warga yang tidak masuk dalam BDT bisa diusulkan dapat BPNT tentu melalui poses," kata Marsono. (MC Kab.Indramayu / M.Toyib/toeb)