Peringati Hari Bumi, Karang Taruna Parmaksian Aksi Tanam Pohon

:


Oleh MC KAB TOBA SAMOSIR, Sabtu, 21 April 2018 | 10:25 WIB - Redaktur: Tobari - 535


Balige, InfoPublik-Dalam rangka memperingati Hari Bumi Tahun 2018, Karang Taruna Kecamatan Parmaskian Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) menggelar lomba puisi tingkat SD, seminar pelatihan pembibitan, aksi tanam pohon, dan pawai bersama lansia, sekaligus mengutip sampah bersama lansia di sepanjang Jl.Bisuk Siahaan, Jum'at (20/4).

 Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Tobasa yang diwakili Kadis Lingkungan Hidup Mintar Manurung, Camat Parmaksian Paiman Butar Butar, Kapolsek Porsea, Danramil 13 Porsea, Marandus Sirait, Kepala SD se-Kecamatan Parmaksian, Ketua Karang Taruna Kecamatan Parmaksian Erwin Sitorus, Sekretaris Anjasmara Sitorus.

Peringatan Hari Bumi yang diselengarakan Karang Taruna Kecamatan Parmaksian dengan thema ‘Selamatkan Bumi Dengan Pikiran Dan Hati Yang Bersih’ yang  bekerjasama dengan Perusahaan Umum (Perum) Jasa Tirta, Inalum dan Pemerintahan Kabupaten Tobasa.

 Pada kegiatan ini, karang taruna juga menyerahkan 300 bibit durian, alpokat, aren, mangga dan bingkisan kepada lansia. Kepada siswa-siswi juga dibagikan tas sekolah, buku tulis, pulpen dan bingkisan kepada pemenang lomba puisi tingkat SD se-Kecamatan Parmaksian.

 Ketua Karang Taruna Kecamatan Parmaksian Erwin Sitorus dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas dukungan Perum Jasa Tirta dan Inalum sehingga kegiatan dapat berlangsung dengan lancar. 

Dalam peringatan Hari Bumi sengaja mengundang lansia, dimana dalam hal ini, orang tua diminta berperan serta untuk mensosialisasikan penyelamatan lingkungan kepada generasi muda .

 Dalam peringatan Hari Bumi, Erwin Sitorus mengajak lansia, siswa-siswi SD dam seluruh elemen masyarakat bersama-sama menjaga bumi. Masyarakat juga diminta meningkatkan kesadaran dalam menjaga dan melestarikan lingkungan, menanam pohon dan tidak melakukan penebangan hutan yang berdampak pada kekeringan.

 “Saya harap kepada lansia, sosialisasikanlah kepada anak-anak atau pun cucu kita dalam penyelamatan bumi. Mari kita selamatakan lingkungan sekitar dari perusak lingkungan demi kelangsungan hidup semua makluk hidup,” pinta Ketua Karang Taruna Kecamatan Parmaksian.

Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Tobasa Mittar Manurung  menghimbau supaya masyarakat menjaga kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampah ke sungai. Masyarakat juga dihimbau jangan sembarangan menebangi hutan yang berdampak menimbulkan banjir dan longsor.(MC Tobasa jantro/rik/toeb)