Kementerian Agama Tanah Datar Gandeng Bank Nagari Syariah Salurkan Gaji

:


Oleh MC KAB TANAH DATAR, Jumat, 20 April 2018 | 10:17 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 710


Tanah Datar, InfoPublik - Kementerian Agama Kabupaten Tanah Datar melakukan terobosan baru dengan mengandeng Bank Nagari Syariah Cabang Pembantu Batusangkar dalam penyaluran gaji ASN Kementerian agama yang akan dimulai pada tanggal 1 Mei mendatang.

Kesepakatan kerjasama itu ditanda tangani langsung oleh Kepala Kementerian agama tanahdatar Drs Syamsul Aripin dengan Kepala Bank Nagari Syariah Payakumbuh Doni Agusta dan juga disaksikan langsung oleh Kepala Kementerian Agama Sumatera barat H. Hendri dan Bupati Tanah Datar diwakili Sekda Tanahdatar Drs Hardiman Ketua Dharmawanita Persatuan Unit Agama Tanah Datar Ny. Des Syamsul Arifin,Kepala Madrasah tingkat MI, MTs dan MA, para kepala KUA Kecamatan, Penyuluh Agama Islam , Penghulu Kecamatan, Pengawas Kemenag, Jabatan Fungsional Umum di masing-masing Seksi Kemenag Tanah Datar. seusai menutup  Rapat Kerja ( Raker) Jajaran Kemenag Kab. Tanah Datar di Aie Angek Cottage,Kamis, (19/4).

   Kepala Kementerian agama Sumatera barat memberikan aspresiasi atas kerjasama tersebut dan secara tidak langsung kita juga telah ikut mendorong pertumbuhan perkembangan Bank Nagari Syariah dan kita juga tentu berharap akan lebih banyak lagi satuan kerja yang melakukan kerjasama dengan bank Nagari Syariah disamping gaji juga termasuk juga tunjangan kinerja  bagi ASN.

Kemudian Kakanwil juga minta  kepada seluruh pimpinan Satker/ Kepala Madrasah dan ASN jajaran Kemenag Tanah Datar untuk melaksanakan kegiatan direktif  Prioritas Kementerian Agama Pusat dan Daerah Tahun 2018.

ASN Kemenag adalah merupakan pilihan. Dan sebagai ASN Kemenag  harus melaksanakan tiga fungsi diantaranya; pertama ASN Kemenag adalah Pelaksana Kebijakan Publik dan dilaksanakan dengan baik sesuai aturan,

Kedua ASN Kemenag adalah Pelayan Masyarakat , sebagai abdi masyarakat harus profesional dan dilaksanakan denan cerdas, Tuntas dan berkualitas , dan ketiga ASN Kemenag adalah perekat Persatuan dan Kesatuan Bangsa yang majemuk harus mampu hidup rukun. Disamping itu juga  ASN Kemenag juga memiliki  tiga peran yang harus dilakukannya dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya diantaranya ; merencanakan, melaksanakan dan mengawasi. 

Pada kesempatan yang sama, Bupati Tanah Datar diwakili Sekda H. Hardiman mengakui  ASN Kemenag orang yang bersentuhan langsung dengan masyarakat untuk melakukan pembinaan Agama dan sesuai dengan Visi dan Misi  Kab. Tanah Datar , mulai pada tahun ini akan menjadikan Kab. Tanah Datar menjadi Kabupaten yang madani, Menciptakan generasi mudah menjadi penghafal Al-Quran dan  Pemerintah daerah mempunyai komitmen menjadikan Tahfiz Al Quran menjadi program utama, sehingga diharapkan setiap nagari memiliki Pondok Tahfiz.

Hal itu karena generasi muda yang telah Hafiz Al Quran tentu dapat membentengi dirinya dari pengaruh yang tidak baik dalam kehidupannya, mereka tentu mempunyai kepribadian kuat dan tidak mudah terpengaruh hal negatif di lingkungan sekitarnya.

Kita sangat  mengharapkan agar seluruh santri yang menuntut ilmu di Pondok Tahfiz ini bukan sekedar hafal Ayat Al Quran semata namun harus memahami isi kandungannya, sehingga bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari karena merupakan tuntunan hidup bagi umat Islam dalam menjalankan kehidupannya.

Sedangkan Kepala kementerian Agama Tanahdatar Syamsul Arifin mengakui program Pelayanan Terpadu Satu Pintu ( PTSP ) pada tahun 2018 sudah dimulai oleh Kemenag Kab. Tanah Datar dan    tahun 2019 nanti PTSP tersebut akan dilakukan untuk penyempurnaannya.

Ia juga  mengharapkan bimbingan dari Ka kanwil Kemenag Sumbar sedangkan kerjasama antara Bank Nagari Syariah dengan kementerian agama Tanahdatar tentu juga tidak terlepas bagaimana peran Kementerian agama ikut mendorong perkembangan bank Nagari Syariah di Kabupaten Tanah Datar dan salah satu dorongan kita itu melalui kerjasama pembayaran gaji ASN termasuk tunjangan kerja dari ASN sendiri dan tinggal lagi bagaimana ASN tanahdatar mampu memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat dan umat di Tanah Datar.(MC.Kab Tanah Datar/ mal/eyv)