2019, Pembangunan Gedung Enam Lantai RSUD Rohul Dilanjutkan

:


Oleh MC PROV RIAU, Jumat, 20 April 2018 | 09:12 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 822


Rokan Hulu, InfoPublik - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) menyebutkan pembangunan gedung enam lantai Rumas Sakit Umum Daerah (RSUD) Rohul akan kembali dilanjutkan tahun 2019 mendatang. Butuh anggaran sekitar Rp 25 milyar, untuk pembangunan fisik hingga selesai.

Informasi ini disampaikan, Kepala Dinkes Rohul, dr Bambang Triono menyampaikan, pihaknya akan menyusun kembali rencana kelanjutan pembangunan gedung enam lantai RSUD Pasir Pengarajaian, Rohul. Selanjutnya, akan di ajukan ke DPRD Rohul, untuk bisa di anggarkan di APBD murni tahun 2019.

"Tahap awal fisik dulu kita usahakan, ke depannya nantinya untuk kelanjutan alat kesehatan dan pendukungnya yang di dalam. Estimasi anggarannya belum dikalkulasikan, namun untuk fisik diperlukan sekira Rp 25 miliar lagi," jelas dr Bambang kepada wartawan, Kamis (19/4).

Bambang menyebutkan, untuk kontruksi fisik di gedung baru 6 lantai RSUD Rohul, sudah menelan dana tidak sedikit. Di tahap awal, perkiraan Bambang, awalnya pembangunan dibantu dana APBN sekira Rp 12 milyar, dan Bankeu lebih dari Rp 30 milyar.‎

Sementara Direktur RSUD Rohul, dr Novil  menambahkan, pihaknya masih perlu melakukan tahapan dan perencanaan untuk mengajukan anggaran tahun 2019, baik melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat, atau Bantuan Keuangan‎ (Bankeu) dari Pemprov Riau.

“Kita punya target, paling tidak sebelum 2021 kita sudah bisa fungsikan gedung 6 lantai RSUD Rohul," kata Novil optimis.

Kemudian, jumlah dokter spesialis di RSUD Rohul sudah mencukupi. Namun demikian, masih diperlukan penyediaan peralatan kesehatan yang memadai, seperti peralatan bedah dan alat lain, sehingga tidak adalagi pasien yang dirujuk, dan pasien jantung tidak perlu lagi berobat ke rumah sakit di Kota Bukittinggi, Provinsi Sumatera Barat.

Sebut Novil, bahwa peralatan kesehatan sebuah rumah sakit seharusnya diupdate setiap tahun, namun karena kekurangan dana, hal itu belum tercapai.

Ketika ditanya berapa dana diperlukan untuk kelanjutan pembangunan gedung 6 lantai RSUD Rohul, sebut Novil, mereka belum menghitungnya. Namun bila dikalkulasikan, untuk kebutuhan kelanjutan pembangunan dan operasional gedung baru 6 lantai RSUD Rohul membutuhkan dana sekira Rp‎ 52 miliar.(mcr/sal/eyv)