70 Stand Bazar Ikut Ramaikan Peringatan Hari Kartini 2018 di Kemendikbud

:


Oleh Astra Desita, Kamis, 19 April 2018 | 09:50 WIB - Redaktur: Juli - 1K


Jakarta, InfoPublik - Sebanyak 70 stand mengikuti bazar yang berlangsung selama tiga hari sejak 16-18 April yang diadakan oleh Dharma Wanita unit Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam rangka memperingati Hari Kartini 2018.

“Alhamdulillah, banyak pelaku usaha kecil menengah yang bergabung dalam bazaar ini. Terdiri atas pedagang produk fesyen, peralatan rumah tangga, produk kesehatan hingga kuliner dengan harga cukup terjangkau,” tutur Ketua Dharma Wanita Kemendikbud Budiarti, di halaman Gedung Kemendikbud Jakarta, Rabu (18/4).

Kegiatan bazaar yang rutin digelar tiga kali dalam setahun, merupakan program kerja Dharma Wanita Kemendikbud bidang Pemberdayaan Ekonomi. Tujuannya antara lain membantu memberdayakan pelaku usaha kecil dan menengah dengan memberikan ruangan bagi mereka untuk memasarkan produknya langsung kepada masyarakat.

Meski berada di lingkungan Kemendikbud, diakui Ny Budiarti, bazaar amat diminati para pelaku UMKM. Sehingga setiap ada bazaar, pesertanya sebagian besar adalah wajah lama. Hanya sebagian kecil yang merupakan wajah baru.

“Umumnya mereka memang sudah biasa ikut bazaar di kementerian. Karena mereka sudah memiliki komunitas sendiri sehingga mudah bagi kami menawarkan bazaar,” tambah Ny Budiarti.

Selain dalam rangkaian Hari Kartini, kegiatan bazaar Dharma Wanita juga akan digelar nanti menjelang Idul Fitri dan Peringatan Hari Ibu.

Terkait Hari Kartini, Ny Budiarti menjelaskan bahwa wanita zaman sekarang harus meningkatkan kemampuan diri di segala bidang termasuk diantaranya bidang ekonomi. Dengan demikian, wanita bisa hidup mandiri tanpa harus bergantung pada suami.

“Harapan Ibu RA Kartini pada wanita Indonesia di antaranya adalah agar kita terus maju dalam pola berpikir,” pungkas Budiarti, didampingi Ketua Bidang Pemberdayaan Ekonomi Mulat Sutanto.