Salakan,InfoPublik - Penilaian Lomba Desa yang bertempat di Desa Tompudau Kecamatan Tinangkung Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) dimeriahkan dengan tampilan Tari Kreasi dari SDN Inpres Tompudau dengan Tema “Lingkungan Hidup”, Selasa (17/4) di Lapangan Desa Tompudau.

Tarian ini menggambarkan bagaimana kesadaran masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang sehat, dengan upaya terus menerus memperhatikan keadaan disekitarnya, baik dalam keluarga maupun dilingkungan masyarakat.

Karena lingkungan indah, bersih dan sehat adalah bagian dari hidup manusia, bahkan kebersihan adalah bagian dari iman, oleh karena itu, melalui tarian ini marilah kita menjaga lingkungan yang bersih dan sehat agar terhindar dari penyakit akibat sampah yang berserahkan di lingkungan kita, kata Rita Samadake yang merupakan pengajar dari tari kreasi tersebut.

Tarian ini dimainkan oleh tiga orang anak yang salah satunya mempraktekan cara memungut dan menempakan sampah pada tempatnya.

Pada sambutan Bupati Banggai Kepulauan  yang dibacakan oleh Wakil Bupati H. Rais D. Adam mengatakan kegiatan penilaian lomba desa seperti ini, jangan dipandang sebagai acara seremonial belaka, akan tetapi penilaian desa seperti ini untuk mendorong pembangunan yang dilakukan oleh masyarakat desa dan kelurahan, atas tekat dan kekuatan sendiri untuk mengetahui kegiatan pembangunan yang dilaksanakan oleh masyarakat selama kurun waktu satu tahun.

Hal itu diperlukan  untuk wujud peningkatan kualitas hidup ekonimi, politik, social dan budaya serta keamanan ketertiban juga mengevaluasi secara menyeluruh dan terpadu kegiatan pembangunan di desa, baik yang bersumber dari keuangan pemerintah maupun swadaya masyarakat dalam rangka memotivasi dan mengapresiasi budaya gotong royong.

Selain itu, kegiatan lomba desa dan kelurahan ini, merupakan perubahan paradigma membangun desa kepada desa membangun, dimana paradigma desa membangun adalah mendorong peningkatan sumber daya manusia (SDM) dan sumber daya alam (SDA) untuk membangun desanya, secara swadaya.

Lanjut dari pada itu, Wabup mengatakan “dalam setiap ajang perlombaan , tentu semua berharap untuk dapat meraih juara, namun juara bukanlah satu-satunya tujuan dari perlombaan desa ini, tapi yang terpenting adalah bagaimana keberlangsungnya program  pemerintah desa dan masyarakat yang dapat langsung dirasakan oleh masyarakat, jelasnya.

Wabup berharap, semua desa dan kelurahan yang ada di daerah  Kabupaten Banggai Kepulauan terjadi perubahan dari delapan indikator yakni, Pendidikan, Kesehatan Masyarakat, Ekonomi Masyarakat, Keamanan dan Ketertiban, Partisipasi Masyarakat,  Pemerintahan, Lembaga Kemasyarakatan  dan PKK agar nyata kemajuan di daerah  yang kita cintai ini.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Bupati Banggai  Kepulauan H. Rais D. Adam bersama Tim Penilai Lomba Desa dan Kelurahan, Asisten I Bidang Sosial dan pemerintahan Muksin Sasia, PLT Kadis  Dinas PMD Samel Bagilis S. Sos, MM, Camat tinangkung Din L. Lamasada, SH, Sekcam Umara Pundeng Ali SH.MH.MM, Pabung Mayor Inf. Sutikno, Ketua DWP Bangkep Ny Ramlin Salotan, Kepala Desa Tompudau Kamran Lahundo, Kades dan Sekdes se-Kecamatan Tinangkung, Tokoh-tokoh masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama, masyarakat desa Tompudau serta undangan. (McBangkep/Cici/Eyv)