Sanimas Kota Bengkulu Tahun 2018 Capai Rp 6,3 Miliar

:


Oleh MC KOTA BENGKULU, Selasa, 17 April 2018 | 15:56 WIB - Redaktur: Tobari - 499


Bengkulu, InfoPublik – Kota Bengkulu kembali mendapatkan bantuan program Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas IDB). Pada tahun ini, total dana yang bakal dikucurkan ke Kota Bengkulu adalah Rp 6,375 miliar.

“Program ini dilaksanakan dalam rangka mendukung semangat gerakan 100-0-100 yaitu 100% akses air minum 0% kawasan kumuh, dan 100% akses sanitasi layak yang ditargetkan tercapai pada akhir tahun 2019,” kata Sekda Kota Bengkulu Marjon saat membuka sosialisasi program Sanitasi Berbasis Masyarakat  (Sanimas IDB) yang diselenggarakan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bengkulu di Hotel Nala, Selasa (17/4).

Marjon menambahkan, bahwa program seperti ini harus berkesinambungan agar manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat. “Siapapun pengambil kebijakan, maka kita harus berdiskusi bersama agar tetap berkesinambungan dan kegiatan ini tidak terputus,” katanya.

Marjon berharap masyarakat juga harus berperan aktif untuk menciptakan lingkungan dan sanitasi yang bersih agar hasil yang diharapkan bisa tercapai. Masyarakat juga harus berperan aktif untuk menciptakan sanitasi yang baik, nanti masyarakat juga yang akan menikmati hasilnya.

Untuk diketahui program sanimas IDB Kota Bengkulu telah dimulai sejak tahun 2014 dimulai dari tahap pemetaan calon lokasi sampai ke tahap perencanaan dan telah dilaksanakan di 25 titik lokasi di kelurahan. Kemudian dilanjutkan lagi pada tahun 2018 dengan perencanaan kegiatan di 15 titik lokasi Kelurahan dengan total dana Rp 6,375 miliar. (MC Kominfo Kota Bengkulu/piter/ernel-aang/toeb)