Pegajahan, InfoPublik -  Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XIV dan Festival Seni Qasidah (FSQ) XV Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) yang dipusatkan di alun-alun Replika Istana Sultan Serdang Kelurahan Melati Kebun Kecamatan Pegajahan, Senin (16/4) berlangsung khidmad dan meriah.

Acara yang dibuka secara resmi oleh Bupati Ir. H. Soekirman dengan diawali pawai ta’aruf  dan pemukulan beduk  disaksikan ribuan masyarakat dari berbagai daerah.

Turut hadir dalam perhelatan akbar tersebut Ketua DPRD H. Syahlan Siregar, ST, Kapolres Sergai AKBP Juliarman Eka Putra Pasaribu, S.Sos, S.IK, M.Si, Kakan Kemenag Sergai DR.H.M Syafii MA, Sekdakab Drs. Hadi Winarno, MM, Ketua TP PKK Ny. Hj. Marliah Soekirman, Ketua DWP Ny. drg. Khairani Hadi Winarno, Ketua MUI H. Luckman Yahya, Ketua FKUB Drs. H. Irfan El Fuadi Lubis,

Kemudian Danramil, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Camat se-Sergai, tokoh agama, tokoh masyarakat serta ribuan hadirin yang hadir dari unsur masyarakat, para kafilah dan peserta pawai ta’aruf dari 17 kecamatan se-Sergai.

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman menyatakan bahwa melalui kegiatan MTQ dan FSQ ini, kita semua khususnya umat Islam akan termotivasi untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan isi kandungan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

Disamping itu juga diharapkan dengan adanya kegiatan ini hubungan harmonis masyarakat Tanah Bertuah Negeri Beradat lebih meningkat.

Hal itu sebagaimana yang tertuang dalam tema penyelenggaraan MTQ yaitu“ Dengan  MTQ XIV  Kabupaten Sergai tahun 2018 kita gali potensi, minat dan bakat generasi Qur’ani yang unggul dan berkelanjutan di Kabupaten Serdang Bedagai” dan tema FSQ “Dengan semangat  FSQ XV Tahun 2018 kita jadikan  Serdang Bedagai sebagai bumi pengembangan prestasi seni dan budaya Islam”.

Untuk itu, katanya, diharapkan dengan penyelenggaraan kegiatan ini dapat meningkatkan persaudaraan, persatuan dan kesatuan bangsa serta mensinergikan antara pemerintah dan masyarakat untuk memacu lajunya pembangungan Sergai.

Ia juga mengharapkan kegiatan ini dapat membangun karakter bangsa yang unggul dan mulia.

“Bangsa yang semakin menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta terus berinovasi, berkreasi dan bekerja keras untuk mecapai cita-cita dan prestasi. Ajang ini juga dapat dijadikan sebagai wadah untuk menjaring qari-qariah yang unggul untuk mewakili Kabupaten Sergai menuju MTQ tingkat provinsi dan dapat mengharumkan nama Tanah Bertuah Negeri Beradat,"jelasnya.

Pada kesempatan yanga sama, Ketua DPRD Sergai H Syahlan Siregar, menyampaikan dengan kegiatan MTQ dan FSQ ini diharapkan mampu memberikan kontribusi peningkatan kualitas keimanan dan pemahaman yang benar dan mendalam akan isi kandungan Al-Quran agar umat islam tidak mudah terpengaruh kedalam hal-hal negatif yang mungkin dapat menyesatkannya.

Sebelumnya, Panitia Penyelenggara MTQ XIV dan FSQ XV Tahun 2018 yang disampaikan oleh DR.H.M Syafii MA melaporkan maksud dan tujuan kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan kemampuan seni baca Al-Qur’an sekaligus memberikan motivasi kepada masyarakat dalam hal meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan isi kandungan serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Kemudian mengembangkan seni budaya yang islami untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita pada Allah SWT.

Sedangkan untuk cabang-cabang yang diperlombakan terdiri dari MTQ dengan jumlah peserta  sebanyak 594 orang dan 17 group, yaitu cabang Tilawatil Al- Qur’an, cabang Hifzil Al-Qur’an, cabang Tafsir Al-Qur’an, cabang Fahmil Qur’an, cabang Syarhil Qur’an, cabang Khattil Qur’an, cabang M2IQ. Sedangkan untuk FSQ terdiri dari cabang Vokalis anak-anak, Vokalis Remaja, Vokalis Dewasa, Grup Qasidah Remaja, Grup Qasidah Dewasa, ungkap Kakan Kemenag.

Disela-sela kegiatan, Bupati Ir. H. Soekirman bersama dengan unsur Foekopimda meninjau stand pameran yang ada di lokasi kegiatan berlangsung.(MC Sergai/vivi/eyv)