Lulusan SMK-SMAK Padang Miliki Sertifikasi Internasional

:


Oleh MC KOTA PADANG, Selasa, 17 April 2018 | 07:54 WIB - Redaktur: Kusnadi - 990


Padang, InfoPublik - Sekolah Menengah Kejuruan–Sekolah Menengah Analis Kimia (SMK- SMAK) Padang membekali siswa kelas XIII (tahun terakhir) dengan sertifikasi internasional. Hal ini untuk meningkatkan kualitas lulusan supaya  dapat diterima pada perusahaan-perusahaan besar manapun di dunia. SMK-SMAK Padang di bawah Kementerian Perindustrian RI mendatangkan assesor dari  Hobart Technology atau Hobart Institute Technology Tasmania, Australia melakukan assesmen guna mendapatkan sertifikasi level III atau "sertificat III in laboratory skill."

“SMAK Padang bekerjasama dengan lembaga luar negeri  untuk memantau kurikulum serta kualitas pengujian di laboratorium Hobart Technology Australia ,” kata Kepala SMK-SMAK Padang, Drs. Nasir didampingi assesor dari Hobart Technology Australia, Mr. Ruppert Batcock di ruang kerjanya, Senin (16/4).

Kepala SMK-SMAK Nasir mengatakan, kerjasama dengan Hobart Technology Australia sudah memasuki tahun kelima. Lembaga dari negara Kangguru itu dipercaya meng-asses calon  lulusan untuk kompetensi analis kimia. “Dengan assesment ini, lulusan kami mendapat pengakuan  internasional sehingga saat lulus nanti sudah mengantongi  sertifikat internasional,” ungkap Nasir.

Menurut Nasir, SMAK Padang berkomitmen untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) industri yang mandiri, kompeten  dan kompettif secara nasional dan internasional. “Ini komitmen dan tugas kami menyiapkan SDM yang handal,” tambahnya.

Sementara itu, assesor dari Hobart Technology Australia, Mr. Ruppert Batcock mengatakan, SMAK Padang salah satu dari sekolah di Indonesia yang mencetak lulusan berkompetensi internasional. Berdasarkan kerjasama yang dijalin, pihaknya bertanggungjawab memantau kegiatan sertifikasi dan pengujian di laboratorium yang dilaksanakan calon lulusannya.

"Kami memantau kegiatan pengujian laboratorium yang dilaksanakan siswa dan bertanggung jawab terhadap sertifikasi internasional yang nantinya mereka kantongi," kata Ruppert.

Ketua pelaksana Sertifikasi III Internasional SMAK Padang, Fitriyeni, M.Si menyebutkan, sebanyak 85 siswa kelas XIII atau kelas IV mengikuti sertifikasi internasional ini. Dilaksanakan selama lima hari, mulai Senin - Jumat (16-20/4).

Setelah lulus nanti mereka diakui berkompetensi dengan kemampuan level III. Dengan kompetensi tersebut, dipastikan mereka siap memasuki dunia industri untuk bekerja di bidang pengujian. “Siswa kita sudah level III mengantongi sertificat III in laboratory skill. Dipastikan mereka siap bekerja di bidang pengujian untuk industri mana saja di dunia,” ujarnya.(mcpadang/Irwandi Rais/Kus)

 

Teks Foto:

 

Kepala SMK-SMAK Padang, Drs. Nasir dan  assesor dari Hobart Technology Australia, Mr. Ruppert Batcock di ruang kerjanya, Senin (16/4).mcpadang