Bonebol, InfoPublik – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bone Bolango (Bonebol), Provinsi Gorontalo, Ishak Ntoma mengatakan pelaksanaan lomba bercerita merupakan salah satu upaya untuk pengembangan dan pembudayaan kegemaran membaca, terutama di kalangan anak-anak.

Hal ini disampaikan Sekda Bonebol Ishak Ntoma saat memberikan sambutan sekaligus membuka acara lomba bercerita bagi siswa sekolah dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) tingkat Kabupaten Bone Bolango tahun 2018, di Gedung Koperasi Kartini Kabila, Senin (16/4).

Melalui kegiatan lomba bercerita ini, cerita daerah diangkat kembali, yang nantinya dapat membangkitkan cinta anak terhadap budaya daerah (lokal). Selain itu, dapat menghargai khazanah kekayaan budaya bangsa, yang pada gilirannya akan menumbuhkan rasa menghormati, rasa bersatu padu dalam ikatan kebangsaan yaitu bangsa Indonesia. 

Dengan adanya lomba bercerita ini, diharapkan dapat mengembangkan kegemaran membaca di tingkat SD dan MI, serta melestarikan aneka budaya daerah (lokal), dan membangun rasa menghargai, menghormati perbedan suku, budaya seni, dan tutur bahasa dalam kerangka memperkokoh persatuan bangsa.

Ia mengemukakan, bangsa yang besar adalah bangsa yang generasi penerusnya mempunyai karakter yang dibentuk melalui pola pendidikan, baik pendidikan formal maupun pendidikan non formal yang mengacu pada pembelajaran. 

Oleh karena itu, peningkatan moral dan intelektual, keterampilan serta kreativitas dengan melibatkan peranan keluarga, sekolah maupun masyarakat adalah upaya menumbuh kembangkan kegemaran membaca anak sejak usia dini.

Ishak mengungkapkan, Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan menyebutkan bahwa upaya mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pembudayaan kegemaran membaca dapat dilakukan melalui tiga jalur, yakni keluarga yang difasilitasi pemerintah dan pemerintah daerah melalui buku murah dan berkualitas.

Sekda pun berharap lewat kegiatan yang secara terus menerus dilaksanakan itu, upaya pembudayaan kegemaran membaca dan menulis di kalangan anak-anak dan remaja terus berkembang. Dengan demikian Bonebol akan memiliki generasi penerus bangsa yang cerdas kuat serta bermartabat. 

Sebelumnya, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Bonebol, Oktavianus SW. Rahman, menjelaskan, tujuan dilaksanakan lomba bercerita itu, antara lain untuk menumbuhkembangkan minat dan kegemaran membaca anak- anak serta kecintaan terhadap karya budaya bangsa melalui berbagai bacaan atau buku.

Selain itu, untuk mengangkat dan mempopulerkan buku-buku cerita budaya daerah (local) yang mengandung nilai-nilai kehidupan yang baik, serta membangun karakter bangsa (baik buku bernuansa cerita kepahlawanan maupun legenda).

Dan mencari bibit-bibit generasi muda dari daerah Kabupaten Bonebol untuk dapat menjadi panutan dalam memjalankan kebiasaan membaca. (MC Bone Bolango/Hms/Kadir/toeb)