Pinrang, InfoPublik - Selain dalam kesehariannya melayani para pengguna listrik, sedikit yang mengetahui bahwa PT PLN (persero) wilayah Pinrang ternyata aktif dalam kegiatan – kegiatan bersifat sosial kemasyarakatan.

Kegiatan – kegiatan sosial kemasyarakatan yang dilakukan oleh PT PLN (Persero) wilayah Pinrang, terpadu dalam satu lembaga bernama Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN Wilayah Pinrang.

Bekerjasama dengan Bagian Penanggulangan Kemiskinan, YBM PLN Pinrang menyalurkan bantuan berupa kebutuhan pokok, bagi beberapa kaum dhuafa hasil koordinasi dengan Pemerintah Desa / kelurahan setempat dan Bagian Penanggulangan Kemiskinan Sekretariat Daerah Kabupaten Pinrang, Senin (16/4).

Demikian pula untuk warga kurang mampu dari Dusun Bunga Kecamatan Mattiro Sompe bernama Hasnaeni yang mendapatkan bantuan berupa sambungan listrik tanpa dikenakan biaya pemasangan agar dapat menggunakan listrik untuk keperluan sehari hari.

Ketua YBM PLN Pinrang H.Bahrun yang ditemui Senin (16/4) mengungkapkan bahwa, YMB PLN Pinrang adalah sebuah lembaga yang menyalurkan bantuan hasil infaq dan sadaqah dari para pegawai PT PLN (persero) wilayah Pinrang yang setiap bulannya menyetorkan 2,5 % dari penghasilannya.

Hasil infaq dan sadaqah yang terkumpul kemudian disalurkan dalam bentuk Kebutuhan pokok, dan beberapa bentuk bantuan lainnya.

“Kami salurkan infaq dan sadaqah yang terkumpul dalam bentuk kebutuhan pokok, uang tunai, pemasangan listrik secara gratis bisa juga dalam bentuk bedah rumah tergantung kebutuhan yang mendesak dan hasil survey tim dilapangan,” kata Bahrun.

Sedangkan untuk penyaluran bantuan agar sampai kepada yang berhak, Bahrun melanjutkan, pihaknya akan melakukan survey ke lokasi calon penerima bantuan.

Setelah sebelumnya ada pemberitahuan kepada YBM PLN pinrang baik berupa surat tertulis, informasi melalui sosial media, ataupun laporan secara lisan dari pemerintah setempat mengenai warga yang membutuhkan bantuan.

Dalam Hubungannya dengan Pemerintah Kabupaten Pinrang, Bahrun mengungkapkan bahwa pihaknya senantiasa berkoordinasi dengan bagian penanggulangan kemiskinan sekretariat daerah Kabupaten Pinrang untuk penyaluran bantuan terutama untuk yang sangat membutuhkan.

“Kami juga memberikan bantuan kepada guru mengaji berupa uang tunai, semuanya dengan harapan bisa mengurangi beban bagi yang membutuhkan,” kata Bahrun.(*/MC Pinrang/toeb)