Gorontalo, InfoPublik – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menemui Ketua DPR RI Bambang Soesatyo di ruang kerjanya, Senin (16/4). Selain untuk bersilaturahmi, kehadiran Gubernur Rusli untuk meminta dukungan DPR RI terkait pembangunan di Gorontalo, khususnya dalam hal alokasi anggaran. 

“Banyak hal yang saya sampaikan kepada beliau, tapi secara umum saya sampaikan untuk tolong memperhatikan dan membantu kami masyarakat Gorontalo,” kata Rusli usai pertemuan. 

Permohonan Gubernur tersebut disambut baik oleh Bambang Soesatyo yang tidak lain merupakan koleganya di partai. Bambang berupaya agar aspirasi tersebut bisa diteruskan ke komisi-komisi di DPR sesuai dengan tugas dan bidangnya masing-masing. 

“Kami di Gorontalo lagi giat-giatnya membangun. Ada pekerjaan jalan Gorontalo Outer Ring Road (GORR), kelanjutan pembangunan irigasi Randangan untuk percetakan 9.000 ha sawah baru, revitalisasi Danau Limboto, rencana pembangunan Waduk Bone Ulu dan Bulango Hulu serta masih banyak lagi,” imbuh Gubernur Gorontalo dua periode itu. 

Selain pembangunan infrastruktur, ada beragam program kerakyatan yang butuh sentuhan pemerintah pusat. Di bidang perikanan bantuan kapal nelayan, bantuan motor berkotak pendingin untuk penjual ikan dan lainnya.

Di bidang pertanian, bantuan benih dan bibit jagung, padi serta alat mesin pertanian (alsintan). Ada pula program Bantuan Pangan Non Tunai Daerah (BPNT-D) yang baru saja dikuncurkan untuk 35 Ribu rakyat miskin. Lobi lobi politik anggaran bagi Rusli Habibie bukan kali ini saja dilakukan. 

Sejak ia menjabat Bupati Gorontalo Utara hingga menjabat Gubernur Gorontalo, Rusli dikenal sebagai raja lobi di kementerian dan lembaga. Bagi Rusli, APBD Provinsi Gorontalo yang hanya Rp1,8 triliun, teramat kecil untuk bisa membiayai semua kebutuhan daerah. 

Perlu banyak sentuhan pemerintah pusat agar program yang dicanangkan dapat berjalan dengan baik. (mcprovGorontalo/Humas/Isam/toeb)