Kemenpora : CCM 2018 Diharapkan Jadi Bagian Promosi Asian Games

:


Oleh Astra Desita, Minggu, 15 April 2018 | 18:03 WIB - Redaktur: Juli - 383


Jakarta, InfoPublik - Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Mulyana, menghadiri event lomba lari bertaraf internasional bertajuk Central Celebes Marathon (CCM) 2018 di garis start Halaman Kantor Gubernur Sulawesi Tengah, Minggu (15/4).

Ia berharap CCM juga menjadi ajang untuk mempromosikan Asian Games 2018 yang digelar Agustus mendatang di Jakarta dan Palembang.

Melalui CCM ini Deputi Mulyana berharap masyarakat akan terus ingat bahwa bangsa Indonesia akan menjadi tuan rumah Asian Games dan Asian Para Games 2018.

"Melalui event ini juga sebagai bagian promosi untuk Asian Games serta pengingat bahwa Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games sekalipun bukan di Palu tapi mari kita sama-sama dukung dan doakan untuk atlet Indonesia supaya lebih maksimal meraih prestasi," katanya.

Pemerintah melalui Kemenpora, berharap promosi Asian Games juga digalakkan oleh daerah lain tidak hanya dengan event tapi bisa dengan berbagai bentuk dan acara. "Beberapa alasan ini mendorong kami supaya memberikan dukungan dan rekomendasi," tuturnya.

Lomba marathon ini digelar sebagai ajang untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-54 Provinsi Sulawesi Tengah. Sedikitnya ada 1.500 peserta yang ikut serta di nomor putra dan putri kategori full marathon 42K, half marathon 21K,10K dan 5K.

"Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisata melalui olahraga atau sport tourism, perbaikan infrastruktur dan investasi," ucap Sekdaprov Sulteng Muhammad Hidayat Lamakarate.

Selain mengembangkan olahraga juga memberikan kesempatan kepada masyarakat pecinta olahraga lari, Kenya sangat mendominasi dalam lomba ini sekaligus memberikan gambaran bahwa atletik ini telah ada contoh yang terbaik bagaimana cara kita seperti mereka.

Para peserta selain datang dari dalam negeri juga berasal dari pelari mancanegara seperti Kenya, Thailand, Malaysia, Singapura dan Nairobi, total hadiah yang diperebutkan mencapai Rp465 juta, door price satu unit mobil dan beberapa hadiah menarik lainnya.

Sebelumnya Gubernur Sulteng Longki Djanggola dan Wakapolda Sulteng Kombespol Aris Purnomo secara resmi telah melepas peserta lomba untuk kategori 21K dan 42K. Sepanjang lintasan lari yang melewati tempat eksotis Palu seperti pantai, lembah, sungai dan bukit para peserta juga disuguhkan 13 spot budaya dan beberapa atraksi lokal, kuliner alam dan bahari.

Sulteng sendiri menjadi salah satu provinsi penyumbang atlet untuk Asian Games 2018. "Ada 4 atlet yang masuk untuk Asian Games tapi yang telah pasti ada 2 yakni untuk cabor dayung dan sepak takraw putri selain itu ada taekwondo dan judo yang masih dalam proses, target kita untuk dayung kita raih emas di nomor 8 orang jarang 2000 meter," pungkas Kadispora Sulteng Yunan Lampasio.