Dirjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan Riau Kunjungi Kampar

:


Oleh MC PROV RIAU, Jumat, 13 April 2018 | 10:38 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 1K


Kampar, InfoPublik – Dirjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan Perwakilan Provinsi Riau Kunjungi Kampar. Rombongan disambut langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar, Yusri, di lantai III Kompleks Kantor Bupati Kampar, Kamis (12/4).

Dirjen perbendaharaan Kanwil Provinsi Riau Tri Budhianto, S.P, MT, menegaskan akan selalu membantu Pemda dalam mengawal pengelolaan DAK disetiap OPD di Kabupaten Kampar.

Ditambahkan Tri Budhianto, S.P, M.T Upaya untuk memaksimalkan DAK yang diberikan kepada OPD adalah dengan memaksimalkan program yang tepat sasaran, banyak sub kegiatan di OPD yang bisa dikerjakan sekaligus, tanpa menunda realisasi kegiatan di masing-masing OPD.

Menanggapi hal ini, Sekda Kampar, Yusri MSi meminta kepada OPD untuk memaksimalkan dana DAK, karena apabila dana DAK tidak dikelola dengan baik akan menjadi beban Pemerintah Daerah. Dana DAK yang digelontorkan Pemerintah jika tidak dikelola dengan baik oleh OPD bisa berakibat terkendalanya program OPD itu sendiri dan bisa pengurangan DAK ditahun berikutnya.

“Taati alur perencanaan program dari DAK, selesaikan adminitrasi dengan baik, jangan sampai kena pinalti, jangan uang sudah ada penanganannya masih belum baik, kacau balau, oleh sebab itu dibutuhkan Sumber Daya Manusia yang mampu dan berkopetensi dibidangnya. Apabila tidak terkelola dengan baik maka berakibat berkurangnya jatah DAK pada tahun berikutnya bahkan bisa hilang sama sekali,” ungkap Yusri.

Yusri juga mengharapkan tunjuk ajar, pengawalan dari pihak untuk selalu memantau, berkoordinasi dengan Pemda Kampar karena tanpa adanya petunjuk seluruh program belum tentu berjalan dengan baik.

Ada tiga hal yang menjadi perhatian diantaranya ada tim percepatan APBD Desa untuk menggesa penyerapan dana ADD, diharapkan dengan adanya tim ini mampu menggesa penyerapan anggaran. Yang kedua adalah yang disayangkan masih ada dana DAK yang belum kita terima, segera untuk kita rebut dana tersebut. Dan yang terakhir adanya kendali fisik setiap OPD yang diserahkan kepada Bagian Admintrasi Umum untuk mengawal perkembangan seluruh OPD tegas Yusri.

Acara Kanwil Dirjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan Perwakilan Provinsi Riau tersebut dihadiri seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Kampar serta beberapa staf Kanwil Dirjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan Perwakilan Provinsi Riau. (MC Riau/Ajep/Eyv)