Pemko Pekanbaru-BNI Jalin MoU UMKM

:


Oleh MC KOTA PEKANBARU, Jumat, 13 April 2018 | 10:56 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 279


Pekanbaru, InfoPublik -  Pemerintah Kota Pekanbaru yang baru saja melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Bank Negara Indonesia (BNI) tentang peningkatan UMKM, Kamis (14/4).

Hal ini menjadi angin segar bagi masyarakat Pekanbaru khususnya pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang tersebar di Kota Pekanbaru.

Dalam penandatanganan MoU di kantor Dinas Koperasi dan UMKM tersebut, Pemerintah Kota Pekanbaru berencana akan memanjakan pelaku UMKM untuk bagaimana meningkatkan usaha yang dimiliki dengan tiga hal yang dilakukan yang dirasa sangat menjanjikan.

Tiga hal tersebut adalah pertama, Pemerintah bersama BNI akan memberi kemudahan bagi pelaku UMKM untuk mendapatkan modal yang begitu besar dengan cara yang tidak sulit. Pelaku UMKM cukup melampirkan kartu keluarganya dan surat pengantar keterangan usaha dari pihak Kelurahan, lalu diajukan kepada BNI maka dalam sekejap pencarian akan dapat dilakukan.

"Angkanya bervariasi. Ada yang 25 juta, 50 juta, 100 juta, 500 juta bahkan ada yang milyaran hingga triliuanan yang bisa kita kasi. Kita ini kan Bank Pemerintah. Jadi kita punya misi menjadi lembaga keuangan yang unggul dalam pelayanan dan kinerja," kata Juma Indra, Pimpinan PT BNI (Persero) cabang Pekanbaru dalam acara itu.

Kemudian yang kedua, BNI akan meningkatkan pertumbuhan transaksional bagi pelaku UMKM dengan melakukan pemberdayaan dan sejumlah pelatihan tentang bagaimana mengembangkan usaha.

"Nah, kelemahan kedua yang terjadi itu biasanya terkait tentang transaksional. Disini kita bersama Diskop, akan terus memberdayakan pelaku UMKM dalam meningkatkan usahanya dengan menggelar beberapa pelatihan. Terakhir peningkatan dibidang marketing. BNI dalam 2 atau 3 hari kedepan, juga akan menyediakan aplikasi khusus bagi pelaku UMKM untuk memasarkan produknya pada aplikasi yang kita sebut Pekan Madani," jelas Juma.

Plt Wali Kota Pekanbaru H Ayat Cahyadi SSi yang menandatangani berita acara MoU tersebut sangat berbangga hati dengan terobosan baru dan rencana yang akan dilakukan  pihak PT BNI yang bekerjasama dengan Dinas Koperasi UMKM tersebut.

"Ini kesempatan emas. Masyarakat Pekanbaru dan pelaku UMKM jangan menyia-nyiakan kesempatan ini. Apalagi tadi ada program bantuan modal yang direncanakan BNI yang cukup besar. Marginnya cuma 7 persen pertahun. Semoga ini bisa menjembatani kemajuan usaha pelaku UMKM di Kota Pekanbaru sehingga terwujud masyarakat sejahtera menuju visi  Pekanbaru tahun 2025 menjadi kota Enterpreneur," ungkap Plt Wali Kota. (Kominfo2pku/RD3/Eyv)