Puskesmas Gucialit Bina Pengelola Pangan untuk Lindungi Konsumen

:


Oleh MC KAB LUMAJANG, Kamis, 12 April 2018 | 17:52 WIB - Redaktur: Elvira Inda Sari - 514


Lumajang, InfoPublik - Makanan dan minuman merupakan kebutuhan pokok kehidupan manusia, namun jika tidak dikelola dengan baik, maka dapat menjadi penyakit saluran pencernaan (Foodborne Disease). 

Penyakit tersebut dapat diakibatkan oleh Tempat Pengelolaan Makanan (TPM) yang tidak memenuhi syarat kesehatan dan sanitasi lingkungan. Oleh karena itu, diperlukan upaya pengawasan terhadap sanitasi makanan untuk menjaga kesehatan konsumen dan masyarakat.

Dalam rangka mendukung hal tersebut, Puskesmas Gucialit melaksanakan Pertemuan Bagi Pengelola Makanan di Wilayah Kecamatan Gucialit, bertempat di Aula Graha Wira Bhakti Kecamatan Gucialit, Kamis (12/4).

"Kecamatan Gucialit saat ini ingin mengangkat banyaknya wisata yang ada, oleh karena itu Gucialit memerlukan tempat pengelolaan makanan yang sehat dan nyaman sebagai penunjang wisata karena setiap tamu yang datang hal yang sering ditanyakan tentang tempat kuliner khas di Gucialit," kata Sekretaris Kecamatan Gucialit, Hani Pujianto, saat membuka kegiatan tersebut.

Hani Pujianto juga menyampaikan, bahwa pertemuan ini bermanfaat dalam mewujudkan tempat makan yang sehat, aman, nyaman, higienis, dan dapat menjadi usaha para warga disekitar tempat wisata.

Peserta dalam pertemuan ini berjumlah 50 orang yang terdiri dari pemilik warung makan, pemilik usaha pangan, industri makanan, pemilik dan juru masak usaha catering, serta pemilik kantin sekolah di wilayah Kecamatan Gucialit. 

Sedangkan narasumber pada pertemuan ini berasal dari Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja, dan Kesehatan Olahraga pada Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang.

Diharapkan setelah adanya kegiatan ini, ada perubahan perilaku dari pengolah makanan serta upaya promotif preventif dalam mendukung Program Pangan Aman Sehat dan Kabupaten Sehat; terjaminnya kebersihan makanan dan minuman pada proses pra-produksi, pengolahan, penyimpanan, dan distribusi.

Sehingga dapat terwujud TPM yang sehat, aman, nyaman, higienis dan sanitasi di Kecamatan Gucialit. (MC Kab. Lumajang/toeb)