Belajar Bersama Maestro Hadir Kembali, 20 Maestro Siap Jadi Mentor

:


Oleh Reporter, Kamis, 12 April 2018 | 13:39 WIB - Redaktur: Juli - 838


Jakarta, InfoPublik - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali menyelenggarakan kegiatan Belajar Bersama Maestro (BBM).

BBM merupakan program interaksi antara peserta didik kelas X dan XI SMA/SMK/sederajat bersama maestro melalui tinggal bersama selama 14 hari. Pendaftaran BBM 2018 dibuka mulai 1 Mei hingga 2 Juni 2018 melalui laman bbm.kemdikbud.go.id.

Para maestro yang bergabung dalam kegiatan BBM 2018 adalah seniman yang dinilai mumpuni di bidang seni tari, musik, teater, seni rupa, dan seni media, serta sukses secara artistik dan sosial. Mereka juga merupakan seniman yang telah memperoleh reputasi atau pengakuan tingkat nasional atau internasional.

Ada 20 maestro yang akan menjadi pembimbing dalam kegiatan BBM 2018, yaitu Didik Ninik Thowok, Gilang Ramadhan, Manteb Soedharsono, Ayu Laksmi, Djaduk Ferianto, Djoko Pekik, Arief Yudhi, Putu Sutawijaya, Dindon WS, Miroto, Angki Purbandono, Nasirun, Ni Nyoman Tjandri, Wangi Indriya, Hanafi, Irwansyah Harahap, Iswadi Pratama, Ni Ketut Arini, Fendi Siregar, Made Sidia.

Setiap maestro akan mengajar 15 peserta didik. Peserta BBM akan tinggal di lingkungan tempat maestro bermukim. Ada enam provinsi sesuai domisili 20 maestro, yaitu DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Jawa Barat, Bali, Lampung, dan Sumatera Utara. Pelaksanaan kegiatan BBM akan berlangsung selama dua minggu, yaitu pada 2-15 Juli 2018.

Peserta BBM adalah peserta didik kelas X dan XI SMA/SMK/sederajat baik dari sekolah swasta maupun negeri, dan belum pernah mengikuti kegiatan BBM.

Peserta juga harus memiliki dasar pengetahuan di bidang seni, mampu menggunakan media sosial secara aktif, serta menuangkan gagasan dalam bentuk tulisan/video.

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi dalam pendaftaran BBM, antara lain peserta harus membuat tulisan 300 kata dengan tema “Hubungan Seni dan Penguatan Karakter”. Peserta juga harus membuat video promosi diri tentang motivasi mengikuti kegiatan BBM dalam durasi dua menit.

Tujuan BBM bukan untuk menjadikan peserta sebagai seniman, melainkan agar peserta memahami substansi proses kreatif dengan mengalami secara langsung hidup bersama maestro. Peserta juga diharapkan dapat menyerap pengetahuan dan keterampilan teknik artistik serta menyerap nilai-nilai kejujuran, integritas, dan kebersamaan untuk memperkuat karakter.

Melalui kegiatan ini diharapkan peserta didik mampu mengambil inspirasi, mempunyai integritas dan mentalitas dalam beradaptasi dengan lingkungan baru dan mampu mengaktualisasikan pengalaman berharga tinggal bersama maestro kepada orang lain melalui berkesenian. (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan)