Desa Rantau Nangka Kembangkan Biogas

:


Oleh MC KAB BANJAR, Rabu, 11 April 2018 | 09:11 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 1K


Martapura, infoPublik - Desa Rantau Nangka Kecamatan Kecamatan Sungai Pinang, Kabupaten Banjar, kini giat mengembangkan biogas. Biogas tersebut digunakan untuk keperluan rumah tangga warga setempat.

Pengembangan biogas di Desa Rantau Nangka dipicu oleh keharusan desa untuk membuat satu terobosan atau inovasi pembangunan. Pemerintah Propinsi Kalimantan Selatan melakukan pemantauan dan penilaian, desa terbaik yang memiliki sebuah inovasi pembangunan.

"Desa  Rantau Nangka memiliki inovasi berupa biogas dari kotoran sapi yang memang banyak diternakkan warga setempat," jelas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Banjar, Aspihani, Senin (9/4) di Aula Barakat, kantor Pemkab Banjar, di Martapura.

Saat ini, Desa Rantau nangka menjadi salah satu desa binaan dan desa yang dinilai oleh Pemerintah Propinsi Kalimantan Selatan untuk mengembangkan potensi desanya. Dijelaskan bahwa tim pembinaan dari Propinsi Kalimantan Selatan sudah beberapa kali turun ke Rantau Nangka.

“Seminggu sekali mereka turun ke lapangan untuk melakukan pembinaan dan penilaian. Nanti pada 2 Mei akan disampaikan hasilnya,” jelasnya.

Selain Biogas,  Desa Rantau Nangka juga mengembangkan tanaman toga dan tanaman obat keluarga  pada lahan kosong. (MC-Kominfo-Kab.Banjar/Rif’ah/Dani/eyv)