BBWS-CC Normalisasi DAS Bugel Indramayu

:


Oleh MC KAB INDRAMAYU, Selasa, 10 April 2018 | 16:33 WIB - Redaktur: Taofiq Rauf - 712


Sukahaji, InfoPublik -  Pemerintah Kecamatan Patrol Kabupaten Indramayu Jawa Barat bersama Balai Besar Wilayah Sungai Citarum dan Cimanuk (BBWS-CC) melakukan normalisasi (pengerukan) Daerah Aliran Sungai (DAS) di sepanjang sungai Bugel. Tujuannya, salah satunya demi memperlancar sejumlah perahu nelayan dalam beraktivitas.

Hal itu dikatakan Kuwu atau Kepala Desa Sukahaji Kecamatan Patrol, Aan Supriyanto, langkah perbaikan atau normalisasi pengerukan sungai Bugel diapresiasi warga karena dinilai sebagai perhatian terhadap kondisi sungai yang ada di Indramayu terutama Sukahaji.

“Ketika sudah dikeruk, nantinya debit air yang tertampung di Sungai Bugel akan lebih banyak. Sehingga bisa mengatasi banjir di wilayah selatan desa kami maupun desa tetangga. Nelayan juga senang, karena kipas mesinnya tidak tersangkut lumpur,” katanya. Selasa (10/04/2018)

Aan menambahkan pengerukan dilakukan sepanjang 800 meter dari mulai muara sungai hingga permukiman nelayan warga. Dengan begitu sungai yang merupakan akses pembuangan dari Kecamatan Anjatan dan Kecamatan Patrol dapat mengurangi resiko terjadinya banjir  di Desa Sukahaji dan Desa Bugel.

“Setidaknya ketika banjir waktunya tidak lama, karena genangan air akan cepat surut dan terbuang. Selain itu ketika tidak dangkal lagi, perahu nelayan dari luar bisa masuk ke desa kami. Sehingga perekonomian nelayan akan meningkat,”imbuhnya. (M.Toyib/TR)