Murung Raya, InfoPublik – Pemerintah Kabupaten Murung Raya, Provinsi Kalimantan Tengah menggelar kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong (BBGRM) di 15 lokasi di Kecamatan Murung. Kegiatan ini sebagai upaya untuk kembali menggelorakan kembali kebiasaan gotong royong di tengah masyarakat.

Kegiatan dipusatkan di Desa Muara Jaan dan berlangsung pada Sabtu (7/4/2018) yang dipadukan dengan kegiatan Hari Gerak Kesatuan Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ke-46 dan hari Keluarga Nasaional ke-25 Tingkat Kabupaten Murung Raya.

Acara di mulai dengan pemukulan gong oleh Gubernur Sugianto Sabran yang dilanjutkan dengan pemberian bantuan alat gotong royong berupa pisau secara simbolis kepada Camat Murung.

“Kegiatan ini mempunyai tujuan untuk mempercepat proses keseimbangan pembangunan antara perkotaan dan perdesaan, oleh karena itu, dalam pelaksanaannya sangat membutuhkan dukungan partisipasi dari seluruh komponen masyarakat, sehingga program Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat, benar-benar merupakan pembangunan yang berasal dari rakyat, untuk rakyat dan dilaksanakan oleh rakyat serta hasilnya diharapkan bermanfaat bagi kepentingan hajat orang banyak,” ujar Gubernur.

Istilah gotong royong dikatakan Gubernur merupakan ciri khas dan telah menjadi budaya bangsa Indonesia sejak dahulu. Namun seiring perjalanan waktu dan masuknya pengaruh budaya luar yang sangat individual saat ini, diakui Sugianto bahwa rasa kebersamaan dan gotong-royong semakin memudar, kepekaan sosial mulai berkurang, tegur sapa dan bercengkrama serta kesadaran saling membantu sudah mulai luntur.

"Untuk itu marilah kita galakkan lagi budaya. Hal ini sangatlah tepat untuk diterapkan dalam pembangunan Kabupaten Murung Raya yang kita cintai ini, sejalan dengan tema tahun ini BBGRM, yaitu “Dengan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat dan Hari Kesatuan Gerak PKK, kita tingkatkan Partisipasi Keluarga dan Semangat Gotong Royong dalam mewujudkan masyarakat yang berintegrasi dan mandiri," katanya.

Terkait Hari Kesatuan Gerak PKK ke-46, Bupati berharap dapat memberikan makna yang mendalam dalam berkiprah dan berkarya secara nyata dalam menyumbangkan dharma bhaktinya bagi kepentingan masyarakat, bangsa dan negara, mengingat gerakan PKK merupakan wadah aktivitas sosial kemasyarakatan bagi keluarga.(Diskominfo/MC. Murung Raya/Selvin/ifah/dkk/TR)