HKBN 2018, BPBD Jatim Ajak OPD Gelar Simulasi Bencana

:


Oleh MC PROV JAWA TIMUR, Selasa, 10 April 2018 | 08:51 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 438


Surabaya InfoPublik - Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) 2018 akan digelar (26/4) mendatang. Terkait hal tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur mengajak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menggelar simulasi bencana gempa dan kebakaran. 

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Jatim, Bambang Agus Legowo, mengatakan, langkah pencegahan dalam bentuk simulasi merupakan sebuah kebutuhan untuk meminimalisir jatuhnya korban akibat bencana. 

“Pengetahuan dan kesadaran masyarakat mengenai kesiapsiagaan menjadi kunci penting menghadapi bencana yang bisa datang secara tiba-tiba. Minimal kita mulai dari OPD-OPD sebagai contoh untuk instansi lainnya,” tuturnya, Senin, (9/4) dalam Workshop HKBN di Kantor BPBD Jatim. 

Ia menjelaskan, saat ini pihaknya menunggu Keputusan Presiden (Keppres) mengenai HKBN. Apabila Keppres telah ditandatangani maka upaya mitigasi bencana akan lebih massif digelar. “Semoga pada peringatan HKBN tahun ini bisa segera (ditandatanganim, red),” terangnya. 

HKBN, sambungnya, diperingati bertujuan untuk membudayakan latihan secara terpadu, terencana dan berkesinambungan guna meningkatkan kesadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat menuju Indonesia Tangguh Bencana.  (lMC Diskominfo Prov Jatim/non-luk/eyv)