Walikota Harapkan Calhaj Dapatkan Pemahaman Menyeluruh Terkait Haji

:


Oleh MC KOTA DEPOK, Senin, 9 April 2018 | 16:03 WIB - Redaktur: Tobari - 327


Depok, InfoPublik - Walikota Depok Mohammad Idris mengatakan Bimbingan Ibadah Haji Indonesia (KBIHI)  berkontribusi positif dalam memberikan pemahaman yang benar kepada para calon haji (calhaj), sehingga  para jemaah haji bisa mencapai tujuan haji yang mabrur. 

Makna mabrur bukan sekadar ibadah, tapi berdampak terhadap perubahan ekonomi, sosial, dan politik dalam kehidupan dirinya dan kemasyarakatan. Dikatakannya, apabila 1.708 jemaah asal Depok dibina dengan baik, Kota Depok bisa menjadi gudang sumber daya manusia (SDM) yang luar biasa.

“Makna mabrur bukan dominasi orang yang berhaji. Akan tetapi dalam setiap aspek kehidupan juga harus mabrur (berdaya guna),” kata Mohammad Idris, di Hotel Bumi Wiyata, Margonda, Rabu (4/4).

Dirinya mengingatkan, untuk mencapai kualitas ibadah haji yang mabrur tersebut, perlu ditopang dengan pembinaan yang terstruktur. Utamanya saat manasik haji, para jemaah diberikan pemahaman yang menyeluruh terkait filosofi yang terkandung dalam setiap ritual haji atau umrah.

“Bukan hanya pemahaman kepada para jemaah, termasuk, pada masing-masing pembimbing haji, harus memiliki visi yang jelas apa yang mau dikontribusikan ketika berada dalam organisasi ini, sehingga FKK KBIHI berjalan sesuai tujuan dibentuknya,” katanya. (MC Diskominfo/Dama/Aris/toeb)