Irjen Kemendikbud Sidak UNBK Ke Tiga SMA di Jakarta

:


Oleh Astra Desita, Senin, 9 April 2018 | 13:45 WIB - Redaktur: Juli - 1K


Jakarta, InfoPublik - Inspektur Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Daryanto melakukan sidak hari pertama Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA, di tiga sekolah di Jakarta.

Pertama Ia melihat pelaksanaan ujian di SMAN 45 Jakarta Utara melalui CCTV yang ada di ruang kepala sekolah. Selain memeriksa ruangan melalui CCTV, Daryanto juga memeriksa absen siswa dan pengawas ujian.

Ia menilai pelaksanaan UNBK di SMAN 45 Jakarta berlangsung lancar. Menurutnya pelaksanaan tersebut telah sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP).

“Ya jadi Alhamdulillah kita sama-sama saksikan di SMAN 45 Jakarta Utara, pelaksanaan UNBK berjalan lancar, berjalan baik dan sesuai dengan SOP,” tutur Daryanto kepada pers di lapangan SMAN 45 Jakarta, Jalan Pasar Inpres, Kelapa Gading Timur, Jakarta Utara, Senin (9/4).

Menurutnya, secara keseluruhan ujian berjalan dengan baik dan normal. "Pak kepala sekolah dengan jajarannya tepat waktu, 30 menit sebelum dimulai juga sudah disiapkan,” ujarnya.

Ia juga mengapresiasi penggunaan kamera CCTV, kamera tersebut akan memudahkan pengawasan siswa yang sedang mengikuti ujian.

“Di dalam ruang kepala sekolah juga ada monitoring CCTV, ini kan bagus sekali. Untuk ke depan harus seperti ini jadi tidak perlu masuk masuk ke ruangan karena masuk ke ruangan tidak boleh. Saya juga tidak boleh,” tegas Daryanto.

Sementara itu Kepala Sekolah SMAN 45 Zulhamsyah mengatakan, total siswa yang mengikuti UNBK sebanyak 285 orang, terdiri dari 143 siswa jurusan IPA dan 142 IPS. Penyelenggaraan ujian tersebut dibagi ke dalam 3 shift.

Usai meninjau SMAN 45, Daryanto kemudian berpindah ke SMA PGRI 12 Kelapa Gading Barat, Jakarta Utara dan SMA Pangudi Luhur, Jalan Brawijaya IV, Jakarta Selatan.