Dishub Pinrang Tegur Pengguna Jalan Melebihi Batas Tonase

:


Oleh MC KAB PINRANG, Senin, 9 April 2018 | 14:35 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 369


Pinrang, InfoPublik – Dinas Perhubungan Kabupaten Pinrang  menyasar jalan Lingkar Briptu Suherman, yang kerap dilalui oleh truk berat pengangkut material, dalam operasi  lalu lintas dan keamanan jalan di Kabupaten Pinrang,  Senin (9/4).

Kepala Dishub Kabupaten Pinrang Drs Mantong mengatakan  hal ini guna memberi peringatan kepada pengguna jalan, terutama truk pengangkut material yang melebihi tonase. “Kami melakukan peneguran kepada pemilik toko yang melakukan bongkar muat,  mobil pengangkut materialnya, dalam hal ini semen, agar mematuhi batas tonase yang telah ditetapkan, sehingga tidak merusak dan mengurangi umur penggunaan jalan,” jelas Mantong.

Kelebihan tonase memang kerap menjadi penyebab utama kerusakan di beberapa ruas jalan di Kabupaten Pinrang. Selain itu, para pengguna jalan kerap tidak mengindahkan rambu yang memperingatkan tentang batas tonase jalan yang dilalui.

Jalan lingkar Briptu Suherman memang menjadi jalur utama bagi truk pengangkut material, karena di samping lalu lintas yang tidak terlalu padat, jalan ini juga menghubungkan poros trans Sulawesi tanpa harus melalui kawasan Kota Pinrang yang padat pada jam-jam tertentu.

Lebih lanjut, Mantong  mengingatkan kepada para pengguna jalan ini agar mematuhi peraturan yang ada untuk kepentingan pengguna jalan lain. (*)