Plt. Bupati Lumajang: Masyarakat Harus Berperan Aktif Mewujudkan Germas

:


Oleh MC KAB LUMAJANG, Senin, 9 April 2018 | 11:37 WIB - Redaktur: Kusnadi - 525


Lumajang, InfoPublik – Plt. Bupati Lumajang Buntaran Suprianto  mengatakan, bahwa sosialisasi kebijakan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) ini nantinya harus diteruskan dan diterapkan pada masing-masing OPD, kecamatan, kelurahan, dan desa di seluruh Kabupaten Lumajang.

“Saya menghimbau agar seluruh masyarakat berperan aktif dalam mewujudkan Germas melalui peningkatan aktifitas fisik, peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit, peningkatan kualitas lingkungan, dan peningkatan edukasi hidup sehat,” imbaunya dalam kegiatan sosialisasi Germas, Minggu (8/4), di Aula Pertemuan Hotel Lumajang Provinsi Jawa Timur. .

Buntaran berharap program Germas tersosialisasikan dengan baik, serta adanya advokasi kepada pengambil kebijakan di tingkat kabupaten, kecamatan, kelurahan, dan Desa untuk mendukung pelaksanaan Germas dalam bentuk kebijakan yang dikeluarkan sehingga terwujud Kabupaten Lumajang yang Sehat.

Sementara Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang Agus Widarto dalam kesempatan itu mengatakan, saat ini pola penyakit di Indonesia sedang mengalami perubahan pola yang ditandai dengan meningkatnya kematian dan kesakitan akibat Penyakit Tidak Menular (PTM) seperti stroke, jantung, kanker dan lain-lain.

Oleh sebab itu, Pemerintah pusat mencanangkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan bagi setiap orang untuk hidup sehat agar peningkatan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya dapat terwujud.

Lebih lanjut, dia juga mengatakan bahwa penguatan upaya preventif dan promotif melalui Germas memerlukan dukungan dan keterlibatan aktif pemangku kebijakan dalam bentuk penetapan regulasi daerah serta penyebarluasan informasi yang berkaitan dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat pada masyarakat.

Kegiatan sosialisasi germas yang digelar oleh Dinas Kesehatan Kab. Lumajang ini menghadirkan narasumber dari anggota DPR-RI Komisi IX, Kementerian Kesehatan Republik Indunesia, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang.

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh anggota DPR RI Komisi IX, Kepala Sub Direktorat Advokasi  dan Kemitraan beserta staf pada Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Dinas Kesehatan Propinsi  Jawa Timur, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang, Kepala OPD terkait, Camat, TP-PKK Kecamatan, Kepala Puskesmas, tokoh agama dan tokoh masyarakat yang berjumlah 200 peserta. (MC Kab. Lumajang/Kus)