Tenun Batang Lembang asal Solok

:


Oleh MC Prov Sumatera Barat, Senin, 9 April 2018 | 11:03 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 1K


Solok, Info Publik - Tenun Batang Lembang dan sejumlah kerajinan asal Solok mendapatkan apresiasi di tingkat nasional dalam pre launching produk unggulan Sumbar dan Smesco Minang Festival di gedung Smesco Indonesia, Jakarta dari 31 Maret hingga 3 April 2018.

Wali Kota Solok Zul Elfian, di Solok, Minggu (8/4) mengatakan sangat bangga dan termotivasi dengan turut dipakainya Tenun Batang Lembang dan ditampilkannya produk kerajinan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lainnya di pentas Nasional.

"Produk kerajinan Kota Solok sudah mulai dilirik. Tentunya, ini menjadi motivasi tersendiri bagi Kota Solok untuk semakin mengembangkan kerajinan-kerajinan khas yang berdaya saing," katanya.

Tenun Batang Lembang adalah khas Kota Solok yang mencampurkan motif ukir dengan alam yang ada di Solok. Misalnya beberapa motif yang sudah ada dicobakan adalah motif burung belibis.

Sedangkan bahan baku untuk motif tenun batang lembang tidak banyak menggunakan benang emas tetapi benang dasar bordir, sehingga bisa digunakan untuk harian.

Tenun itu hanya satu dari kerajinan produksi UMKM Kota Solok yang berkembang selain kerajinan batik, songket, sepatu dan lainnya hingga produk kuliner.

Pemkot dibantu Dekranasda Kota Solok terus mendukung kebangkitan UMKM Kota tersebut.

Ia menyebutkan salah satu upaya dalam melecut semangat dan motivasi pelaku UMKM, diwujudkan dengan pendampingan dan penyediaan outlet UMKM atau Dekranasda.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kota Solok Zulmiyetti Zul Elfian berharap para pengrajin dapat terus mengekplorasi produk-produk kerajinan yang dihasilkan sehingga bisa terus bersaing dengan produk daerah lain tanpa kehilangan ciri khasnya.

"Untuk bisa bersaing, kita harus terus berinovasi dan meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan, sehingga dapat diterima dan diminati pasar, kalau hanya stagnan maka kita akan tertinggal," ujarnya.

Ia berharap dengan semakin diliriknya produk-produk kerajinan UMKM Kota Solok, akan berdampak signifikan dalam mendorong perekonomian masyarakat dan daerah, serta membuka lapangan pekerjaan yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan.

Sebagai apresiasi atas produk kerajinan Kota Solok, istri Menteri Koperasi dan UKM Bintang Puspayoga memakai kain Bordir Kasiek. Sejumlah penari dalam pembukaan re-launching juga menggunakan kain tenun Batang Lembang.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh ketua Dekranas pusat, Mufidah Jusuf Kalla yang merupakan kerjasama antara Kementrian Koperasi dan UKM serta Dekranas Pusat. Disana, produk-produk unggulan masing-masing provinsi dipamerkan. (Eko Kurniawan,S.Kom/Diskominfo/Eyv)