Goro Sekupang Fokus Bersihkan Aliran Sungai

:


Oleh MC KOTA BATAM, Senin, 9 April 2018 | 10:28 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 401


Batam, InfoPublik - Masyarakat Tiban Lama dan Tiban Indah Kecamatan Sekupang semangat ikut gotong royong, Minggu (8/4). Fokus kegiatan goro kali ini adalah membersihkan sungai atau drainase alam di lingkungan tersebut.

"Hari ini kita goro di Tiban Indah dan Tiban Lama. Tapi bukan berarti di kelurahan lain tidak ada goro. Kelurahan lain juga melaksanakan, tapi di lingkungan warga saja. Karena gotong royong ini sudah menjadi kegiatan rutin di Sekupang tiap minggu," kata Camat Sekupang, M Arman.

Wakil Wali kota Batam, Amsakar Achmad yang hadir di goro ini menyampaikan terima kasih kepada masyarakat. Partisipasi masyarakat sangat penting dalam upaya penanganan banjir di Kota Batam.

"Sebentar sebentar di Sei Beduk, Sagulung, banjir. Tahun sekarang semua sudah mulai terurai. Dan cara menguraikan titik banjir antara lain melalui partisipasi, mobilisasi masyarakat untuk bahu membahu goro di lingkungan masing-masing," kata Amsakar.

Goro massal di Tiban Lama sudah keempat kalinya digelar. Dan ia bersyukur karena selalu ramai. Ia berharap antusiasme yang sama juga terjadi di wilayah Kota Batam lainnya.

"Untuk Tiban Indah, drainasenya sudah diperbaiki, sudah dilakukan pelebaran. Kita pantau hari ini. Masyarakat juga bersihkan, untuk antisipasi hujan. Ada beberapa sedimen, kami minta dikeruk itu," kata dia.

Amsakar mengatakan Pemerintah Kota Batam belum bisa membangun drainase secara besar-besaran. Pembangunan infrastruktur masih difokuskan pada jalan. Upaya saat ini baru di tahap normalisasi drainase yang ada.

"Karena itu kami minta camat agar lakukan aktivitas gotong royong bersama warga. Alhamdulillah camat-camat kita yang muda-muda di Batam ini luar biasa bekerja siang malam. Itulah salah satu cara untuk membuat kota yang kita cintai ini lebih baik," ujarnya. (MC Batam Kartika/eyv)