Sejumlah Tanggul Di Bantaran Sungai Cimanuk Kritis Dan Rawan Jebol

:


Oleh MC KAB INDRAMAYU, Minggu, 8 April 2018 | 09:47 WIB - Redaktur: Tobari - 399


Inramayu, InfoPublik - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indramayu merilis sejumlah tanggul sungai yang tersebar di sepanjang bantaran sungai Cimanuk Kabupaten Indramayu kritis dan rawan jebol.

Taanggul yang kritis dan rawan jebol yakni di 10 desa di kabupaten Indramayu seperti, Tukdana, Sukagumiwang, Jatibarang, Bangodua, Arahan, Sindang, Cantigi, Lobener, Pasekan dan Kertasmaya. Kritisnya tanggul tersebut karena curah hujan yang tinggi dan kiriman air dari hulu yang menyebabkan air meluap sehingga tanggul terkikis.

Kepala Seksi Rekonstruksi BPBD Kabupaten Indramayu, Caya, menjelaskan ada 10 titik tanggul yang kritis dan rawan jebol, dan pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum Ciamnuk untuk segera melakukan perbaikan, karena untuk BPBD Kabupaten Indramayu sendiri tidak semuanya ada pada kewenangan pada dirinya.

“Untuk saat ini BBW sudah memperbaiki beberapa kerusakan klep. Di Kertasemaya ada 3 klep yang diperbaiki, sisanya belum,” kata caya saat di temui. Minggu (8/4).

Sementara itu Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi pada BPBD Kabupaten Indramayu Sudirja mengatakan, dengan kondisi tersebut perlu ada penanganan yang serius dan tepat terutama untuk BBWS dalam memperbaki tanggul-tanggul yang kritis.

“Karena memang sangat membahayakan kalau tidak ditangani secepatnya, Karena memang untuk perbaikan tanggul ini wewenang BBWS, dan kami hanya sebatas pelaksana di lapangan,"katanya. (M.Toyib/toeb)