Panglima TNI : Kapal Selam KRI Ardadedali-404 Diawaki Prajurit Pilihan

:


Oleh Yudi Rahmat, Minggu, 8 April 2018 | 10:29 WIB - Redaktur: Juli - 956


Jakarta, InfoPublik - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto,  mengatakan Kapal Selam KRI Ardadedali-404 diawaki prajurit-prajurit pilihan TNI Angkatan Laut dan  tidak semua prajurit TNI AL memiliki kesempatan untuk bisa melaksanakan operasi bawah laut.

"Prajurit TNI AL sebagai pengawak kapal selam  diperlukan suatu kualifikasi yang benar-benar mumpuni terutama memiliki ketabahan," kata Hadi, saat memberikan pengarahan kepada prajurit TNI AL yang mengawaki Kapal Selam KRI Ardadedali-404 dalam rangkaian kunjungan kerja di Galangan DSME, Okpo, Korea Selatan, Jumat (6/4).

Menurutnya, motto Kapal Selam RI “Tabah Sampai Akhir adalah motto yang mudah diucapkan namun susah dilaksanakan pada saat melaksanakan operasi bawah laut yang  dapat memakan waktu cukup lama.

Selain itu,  prajurit pengawak Kapal Selam RI mempunyai  ketabahan luar biasa, berpisah dengan keluarga dan tidak tahu apa yang akan terjadi di bawah laut, hidup dalam situasi seperti itulah tugas pengawak kapal selam. “Ketabahan yang dimiliki oleh awak Kapal Selam RI memiliki satu tujuan utama dalam rangka melaksanakan tugas menegakkan kedaulatan NKRI,” kata Panglima TNI.

Hadi menjelaskan kapal selam memiliki nilai yang sangat strategis dan sekaligus memberi efek deterens yang sangat kuat bagi negara kita dalam menjaga dan mempertahankan keutuhan wilayah. "Oleh karena itu kita harus memiliki prajurit terlatih untuk mengawaki kapal selam dalam rangka memperkuat Armada TNI AL,” ujarnya.

Hadi Tjahjanto mengatakan pemerintah RI mengapresiasi seluruh prajurit pengawak Kapal Selam RI dengan memberikan perhatian dibidang kesejahteraan serta memberikan  tunjangan khusus kepada prajurit TNI yang bertugas sebagai awak Kapal Selam.

Panglima TNI dalam kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan profesionalisme yang sudah dilaksanakan kepada seluruh awak  KRI Ardadedali-404 yang telah menjalani pelatihan selama 12 bulan dalam rangka mengoperasikan kapal selam.

Selanjutnya dengan rencana pelayaran penyeberangan dari Korea Selatan ke Indonesia 23 April 2018, KRI Ardadedali-404 di bawah Komandan Letkol Laut (P) Widya Poerwandanu beserta awak kapal sejumlah  9 Perwira, 16 Bintara  dan 15 Tamtama.

Sehubungan dengan pelayaran penyeberangan, Panglima TNI  mendoakan semua bisa berjalan dengan baik dan menyampaikan pesan kepada awak kapal selam. “Titip Alutista ini dan  benar-benar dijaga dalam pelayaran penyeberangan menuju Indonesia," ujarnya.