Pelaku Film Dokumenter Dalam Docs By The Sea

:


Oleh MC KOTA SINGKAWANG, Sabtu, 7 April 2018 | 06:51 WIB - Redaktur: Tobari - 651


Singkawang, InfoPublik - Badan Ekonomi Kreatif bekerjasama dengan Ini Docs dan Ruang Muda Kreatif Singkawang (Rumaksi), mengadakan kegiatan Docs By The Sea, Traveling Master classical di Hotel Swiss Bell, Jum'at (6/4).

"Program ini bertujuan memberikan pembekalan kepada pelaku film dokumenter yang sudah ataupun belum memiliki ide, untuk memproduksi film mereka sendiri," ujar Mariana Purba, Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Publik.

Dia menjelaskan, kegiatan ini bertujuan pembekalan kepada pelaku film dokumenter di Singkawang dan sekitarnya tentang pentingnya memahami seluk beluk pitching forum sebagai salah satu tahapan penting untuk mendapatkan pendanaan produksi film dokumenter.

"Kegiatan ini bertujuan untuk mencari dan menentukan peluang dalam skema kolaborasi internasional serta menemukan angle cerita yang tepat untuk potensi pendanaan yang lebih besar," katanya.

Dia mengatakan Singkawang merupakan kota kedua dilaksanakan Docs by the sea, traveling Master Lasso setelah Yogyakarta.

Kegiatan ini dibagi dalam dua sesi kelas dan satu sesi pitching exercise, dengan menghadirkan dua narasumber berpengalaman, yakni sutradara rumah dokumenter Tony Trimarsanto dan produser 12 wives, Jhon Badalu.

Menurutnya, pada sesi pertama Tommy Trimarsanto akan menguraikan ragam, ekosistem, platform penayangan, hingga bahasan bagaimana merancang strategi film dokumenter yang tepat.

Di sesi kedua, Jhon Badalu akan mengajak peserta mengenal lebih dekat forum forum dokumenter, cara merancang pitch, yang menarik, hingga strategi membuat pitch trailer.

Dia menjelaskan, sesi pertama Tommy Trimarsanto akan mengajak peserta mengenal lebih dekat forum forum dokumenter, cara merancang pitch yang menarik, hingga strategi membuat pitch trailer.

Rangkaian kegiatan Docs by Thea tahun ini akan diselenggarakan di beberapa kota besar lainnya di Indonesia untuk nantinya ditampilkan di acara docs by the sea documenter forum 2018 pada 7-9 Agustus 2018 di Bali. (MC. Singkawang/Vhutra/toeb)