Angka Pengangguran Di Indramayu Turun

:


Oleh MC KAB INDRAMAYU, Jumat, 6 April 2018 | 16:25 WIB - Redaktur: Tobari - 363


Indramayu, InfoPublik -  Lanjutan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Bupati  Indramayu pada sidang paripurna DPRD kembali digelar, dengan diwakili oleh Sekda Kabupaten Indramayu, menghasilkan beberapa laporan termasuk laporan Angkatan Kerja pada angaka pengangguran mengalami penurunan 48%.

Sebanyak 1.804.205 jiwa warga Kabupaten Indramayu hanya mengalami 48% angka penurunan pengangguran dan 52% atau 1.349.113 jiwa sudah bekerja. Data tersebut diterangkan oleh Sekda Kabupaten Indramayu H. Ahmad Bahtiar, saat menyampaikan LKPJ 2017 di hadapan para anggota komisi I,II dan III DPRD Kabupaten Indramayu.

“Tahun 2017 kabupaten Indramayu mengenai Angkatan Kerja mengalami kenaikan 52% kurangnya merupakan pengangguran, data tersebut berhasil mengalami kenaikan melalui beberpa program dan anggaran,” kata Bahtiar, Jum’at (6/4).

Bahtiar menambahkan penurunan angka pengangguran di Kabupaten Indramayu tidak lepas dari beberapa faktor, baik itu anggaran maupun program yang diberikan.

Seperti pembelajaran kewirausahaan, peningkatan kesempatan kerja serta peningkatan kualitas dan produktivitas kerja dengan setiap harinya meliputi, pelatihan berbasis masyarakat sasarannya 60 orang dan kewirausahaan menyasar 20 orang dan pelatihan berbasis kompetensi dengan sasaran 64 orang.

Sementara itu tanggapan datang dari anggota DPRD Kabupaten Indramayu H. Ruswa, MPdi. Ia mengatakan penurunan angka pengangguran bukan hal yang spesial, dengan anggaran hampir mencapai Rp1,2 triliun seharusnya bisa lebih menurun lagi angka pengangguran di Kabupaten Indramayu.

Pihaknya meminta agar Bupati Indramyu segera melakukan pembenahan pasalnya apabila tidak dilakukan tindakan angka pengangguran di cemaskan kembali mengalami peningkatan.

"Atau usia produktif yang tidak bekerja pada akhirnya akan mempengaruhi kemampuan daya beli masyarakat. Karena tidak memiliki kemampuan secara ekonomi,"kata Ruswa.

Ruswa menambahkan sebagian penduduk di Kabupaten Indramayu hanya lulusan SD dan lulusan SMP artinya jelas kabupaten Indramayu sangat lama dalam peningkatan kerja, diharapkan pengembangan kewirausahaan dan peningkatan produktivitas kerja harus difokuskan oleh Pemerintah Kabupaten Indramayu. (M.Toyib/toeb)