Singkawang, InfoPublik - Kantor Pelayanan Pajak Pratama Singkawang mencanangkan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi, di halaman Kantor KPP Pratama Singkawang, Rabu (4/4).

Hadir pada kegiatan Wakil Walikota Singkawang, Forkopimda Singkawang, Instnasi Vertikal, BUMN / BUMD, OPD Singkawang serta perwakilan masyarakat wajib pajak orang pribadi maupun badan usaha di Kota Singkawang.

Kepala KPP Pratama Singkawang Wicaksono menyampaikan bahwa maksud dan tujuan acara Pencanangan Pembangunan Zona Integritas adalah dalam rangka mengakselerasi tercapainya tiga sasaran pelaksanaan program reformasi birokrasi.

“Tiga sasaran yang dimaksud yaitu peningkatan kapasitas dan akuntabilitas organisasi, pemerintahan yang bersih dan bebas korupsi, kolusi dan nepotisme serta Peningkatan Pelayanan Publik,” katanya.

Oleh karena itu, kami diamanahkan untuk melaksanakan Penerapan Reformasi Birokrasi yang salah satu upayanya adalah dengan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi.

Selain itu, pencanangan pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi ini merupakan upaya untuk Pembangunan 6 area Zona Integritas, yang meliputi manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan sistem manajemen sumber daya manusia, penguatan akuntabilitas, penguatan pengawasan dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Wicaksono berharap dukungan baik dari internal pegawai KPP Pratama Singkawang maupun pihak eksternal (stakeholder) untuk turut serta mendukung dan mengawal seluruh proses Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dapat berjalan dengan baik.

“KPP Pratama sangat berharap dukungan baik dari internal pegawai maupun pihak eksternal dan stakeholder agar program ini dapat berjalan dengan baik,” harapnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Singkawang Irwan mendukung penuh terhadap pelaksanaan Pencanangan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi di KPP Pratama SIngkawang.

Seluruh pihak terkait, baik Pemerintah maupun Wajib Pajak agar bersama-sama menjaga integritas dengan harapan dapat terwujudnya pemerintahan yang bersih dan tata kelola pemerintahan yang baik.

Menurut Irwan salah satu caranya adalah dengan mengamalkan ajaran Ki Hajar Dewantoro yaitu Ing Ngarso Sung Tulodho, Ing Madyo mbangun Karso dan Tut Wuri Handayani.  “Amalkan saja apa yang diajarkan Ki Hajar Dewantoro,” ujarnya.

“KPP Pratama Singkawang diharapkan dapat bekerja lebih baik lagi sehingga penerimaan pajak yang dihimpun dapat berhasil memenuhi target yang diamanahkan dan juga pelayanan yang diberikan kepada Wajib Pajak bisa semakin baik lagi,” katanya.

Acara dilanjutkan dengan penandatangan Pakta Integritas oleh seluruh pegawai KPP Pratama Singkawang yang dipimpin oleh Kepala KPP Pratama Singkawang. (MC. Singkawang/Vhutra/toeb)