Cegah Penyakit dengan Tiga Tahapan Ini

:


Oleh MC KOTA BENGKULU, Kamis, 5 April 2018 | 16:10 WIB - Redaktur: Elvira Inda Sari - 1K


Bengkulu, InfoPublik - Ada tiga tahapan pencegahan penyakit yang dapat dilakukan setiap orang untuk memiliki tubuh sehat. Hal ini diungkapkan oleh Larson Kepala Bidang Kesehatan US Army pada seminar kesehatan rangkaian acara Pacific Partnership 2018, Kamis (5/4/2018), di Aula Balai Pelatihan Kesehatan Provinsi Bengkulu, Padang Harapan.

“Pertama, tahap primer yaitu imunisasi. Kedua, tahap sekunder melalui deteksi penyakit lebih dini seperti screening kanker, dan ketiga tahapan tersier yang merupakan langkah mengurangi dampak penyakit contohnya rehabilitasi jantung saat terkena serangan jantung,” paparnya.

Untuk memiliki tubuh sehat, tambah Larson, setiap manusia harus mampu mempelajari pola kesehatan, pola penyakit dan faktor yang terkait di tingkat populasi atau lebih dikenal dengan istilah Epidemiologi.

Sementara itu, Asisten I Pemerintah Kota Bengkulu Fachriza saat membuka seminar menerangkan bahwa sektor kesehatan merupakan hal yang menjadi perhatian pemerintah.

“Kita semua harus mendukung pelaksanaan seminar seperti ini, terlebih tahun ini Bengkulu berkesempatan menjadi lokasi pelaksanaan Pacific Partnership,“ katanya.

Seminar diikuti oleh 100 orang yang berasal dari puskesmas di Kota Bengkulu, Rumah Sakit Djawatan Kesehatan Tentara, Danlanal, US Army, Air Force Australia, serta organisasi perangkat daerah terkait. (MC Kota Bengkulu/Piter/Ernel/Nugroho/Vira)