Mataram, InfoPublik - Keberhasilan Provinsi NTB dalam pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, menjadikan NTB sebagai salah satu provinsi yang dikenal dengan ikon pariwisatanya. Banyak hal yang bisa dipelajari di NTB, disamping meningkatkan wawasan dan juga melihat wisata. 

"Dibawah pemerintahan Gubernur TGH. M. Zainul Majdi, pemetaan wisata di NTB saat ini begitu bagus," kata Ir. Syamsir Rahman MS selaku Asisten III pemprov Kalimantan Selatan (Kalsel) pada saat melakukan kunjungan kerja di ruang rapat utama kantor Gubernur provinsi NTB, Rabu (4/4/18).

Kunjungan yang dihadiri para pejabat lingkup pemerintah Kalsel dan forum wartawan ini, merupakan kegiatan rutin pemprov Kalsel dalam rangka peningkatan wawasan. Disamping untuk berdiskusi dan sharing pengalaman tentang langkah-langkah strategis yang telah dijalankan pemprov NTB dalam membangun pariwisatanya.

Saat ini pemprov Kalsel tengah fokus untuk pengembangan KEK yang baru akan mulai dibangun. Sesuai dengan arahan Menteri Pariwisata lanjut Syamsir, pemerintah Kalsel diharapkan bisa mencontoh KEK Mandalika yang ada di NTB.

"Kami ingin melihat dan sampai sejauh mana Mandalika karena gaungnya sudah terdengar sampai ke provinsi-provinsi lain," katanya.

Mewakili Gubernur NTB, Asisten I Pemerintahan dan Kesra Setda Prov.NTB M. Agus Patria, SH, MH sambut baik kunjungan kerja pemprov Kalsel tersebut. Dalam sambutannya ia terangkan tarik ulur dalam proses pembangunan KEK Mandalika.

"Pengembangan KEK pariwisata ini sepenuhnya tentang bagaimana pemerintah mampu menciptakan lapangan pekerjaan dan untuk dapat mensejahterakan masyarakat," katanya.

Berkembangnya pariwisata lanjut Agus, pemerintah tidak terlepas dari peran serta pihak lain yang mendukung terlaksananya pembangunan.

"Harus ada orang-orang ahli yang tahu tentang potensi wisata yang dikembangkan," pungkasnya. (MC KOMINFOTIK NTB/Noor)