Surabaya, InfoPublik - Pemerintah Kabupaten Bondowoso – Amerika Serikat terus meningkatkan kerjasama di bidang kepariwisataan, perkebunan, dan pertanian. Dalam kesempatan ini, Bondowoso menawarkan kepada Amerika Serikat agar mau berinvestasi di sektor pariwisata, pertanian, dan perkebunan. 

Bupati Bondowoso, Amin said Husni menjelaskan, beberapa keunggulan Bondowoso adalah dari segi pariwisata maupun dari sektor pertanian. Di sektor pariwisata, Bondowoso mempunyai Kawah Ijen yang berada di pegunungan Ijen yang terkenal indahnya di seluruh dunia. Bondowoso di sektor perkebunan terkenal dengan kopinya. 

“Di sektor pariwisata, investor Amerika Serikat nantinya bisa bekerjasama untuk dilakukan pengembangan kawasan Ijen dan tempat wisata lainnya yang masih membutuhkan investasi,” jelasnya, Rabu (4/4). 

Diinformasikan, Bondowoso memiliki suhu udara sejuk, karena terletak di antara beberapa gunung, antara lain kaki Gunung Raung, Gunung Ijen, kaki Gunung Argopuro. Potensi alam pegunungan yang dimiliki oleh Bondowoso menyebabkan kabupaten ini banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai wilayah. 

Lokasi wisata paling favorit dan menjadi andalan Bondowoso adalah Kawah Ijen. Wisata Kawah Ijen ini memiliki panjang jalur pendakian 3 Km, dan bisa ditempuh sekitar 1,5 jam. Pendakian menuju ke kawah ini tergolong cukup sulit karena memiliki akses jalan yang lumayan terjal. Namun demikian, orang dapat menikmati keindahan yang tidak ada duanya, apabila bisa mancapai bibir kawah. Jangan lupa mengenakan jaket, karena suhu Kawah Ijen cukup dingin, bisa mencapai 2 derajat celcius. 

Kemudian air terjun, salah satu air terjun yang cukup tinggi dan memiliki aliran air yang stabil. Tinggi aliran Air Terjun Tancak Kembar adalah 77 meter dan 50 meter, dan berada di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut. Tempat wisata Air Terjun Tancak Kembar ini berada di Desa Andongsari, Kecamatan Pakem, Kabupaten Bondowoso. 

Para investor Amerika Serikat nantinya bisa mengembangkan infrastruktur pendukung memperbaiki jalan dan sarana pendukung lainnya di tempat-tempat Wisata. Kemudian membangun perhotelan, tempat penginapan maupun rumah makan di sekitar tempat wisata, sehingga nantinya bisa saling menguntungkan. Bondowoso sangat kaya raya berbagai keunggulan, maka diharapkan para investor tidak ragu untuk melakukan investasinya didaerahnya (MC Diksominfo Prov Jatim/non-ryo/Kus)