Ahmad Supriansyah Ciptakan Teknologi Baru Gumbaan Generasi ke 4

:


Oleh MC KAB BALANGAN, Rabu, 4 April 2018 | 13:33 WIB - Redaktur: Kusnadi - 520


Paringin, InfoPublik - Ahmad Supriansyah, warga Desa Mantimin, Kecamatan Batumandi, Kabupaten Balangan, kembali menciptakan teknologi inovasi tepat guna yang baru.  Teknologi tersebut adalah Gumbaan Generasi ke 4 dengan nama Mark 38 Igor.

Didatangi ke kediamannya, Selasa (3/4/2018),  Ahmad Supriansyah sedang sibuk bersama tiga rekannya untuk menyempurnakan teknologi tersebut. Ia menjelaskan ide ini tak terduga, semuanya berawal ketika ada pesanan dari seorang warga Kecamatan Juai yang menginginkan gumbaan pakai tenaga listrik.

"Langsung saya bikin dengan waktu yang cukup terbatas, karena warga tersebut ingin cepat, sehingga saya meminta beberapa rekan untuk membantu menyelesaikan," jelasnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, Gumbaan Generasi ke 4 ini berbeda dengan sebelumnya, dimana yang sebelumnya menggunakan tenaga surya.

Namun Gumbaan Generasi ke 4 ini menggunakan tenaga listrik, jika listrik mati, maka dengan manual pun bisa dilakukan. Sementara itu body gumbaan juga ramping dengan warna biru.

Menurut Ahmad Supriansyah karakteristik serta nama gumbaan ini terinspirasi dari sosok di film Iron Man 3 yaitu Igor yang menggunakan warna biru.

"Insya allah gumbaan ini kuat sesuai dengan karakteristik di film tersebut," ujarnya.

Lebih lanjut menurutnya untuk harga sendiri akan dijual dengan harga Rp 2.5 juta, dan kedepan akan diproduksi lagi meski tak ada yang memesan.

"Terlepas dari ini kedepan saya bersama teman-teman terus berupaya menciptakan teknologi inovasi tepat guna terutama di bidang pertanian, agar tak kalah dengan negara lainnya, yang penting tepat guna, murah dan terjangkau," pungkasnya. (MC Balangan/Me/Kus)