Paringin, InfoPublik – Bupati Balangan H Ansharuddin secara langsung menghadiri puncak pelaksanaan Festival Pesona Dayak Meratus ke 4 kalinya, yang digelar Dewan Adat Dayak (DAD) Balangan, Sabtu (31/3) lalu.

Selain bupati, turutn hadir Kapolres Balangan AKBP Moh Zamroni, Kejari Balangan Tommy Kristanto, ketua DAD Provinsi Kalsel serta para undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Balangan H Ansharuddin menyampaikan, dukungannya dan rasa bangganya terhadap pelaksanaan acara pesona dayak meratus yang kini menjadi salah satu agenda dunia pariwisata di Kalsel.

“Kami sebagai pemerintah daerah selalu mendukung kelestarian budaya Banua khususnya budaya dayak meratus ini,’’ tegasnya.

Kelestarian budaya ini, menurut Danni, sangat penting, karena selain menjadi identitas diri juga merupakan bagian dari kekayaan dan budaya tradisi yang beragam di Indonesia. “Melestarikan kebudayaan ini adalah kewajiban dan tugas kita bersama,” tegasnya.

Terpisah, Ketua DAD Balangan Mandan mengungkapkan, jika pelaksanaan pesona dayak meratus ini merupakan rangkuman kehidupan komunitas dayak meratus sehari-hari yang digambarkan lewat berbagai atraksi kesenian seperti menumbuk padi, membuat anyaman (arangan), menyumpit dan permainan tradisional seperti bagasing, mutuu, balugu, kenje dan tari kreasi dayak meratus.

“Lewat gelaran festival ini bisa benar-benar menjadi diskripsi pas tentang kebudayaan dayak meratus di Kalsel,’’ jelasnya.

Sedangkan menurut Jaini, ketua panitia pelaksana, pada perhelatan kali ini, keterlibatan masyarakat diperluas dengan menggaet komunitas sepeda untuk memeriahkan acara.

Selain itu, animo masyarakat juga meningkat, seperti kompetisi menyumpit yang diikuti kurang lebih 70 peserta. "Menariknya, 13 diantaranya adalah perempuan," ungkapnya.

Selain itu, Jaini mengatakan, panitia juga menyelipkan kampanye anti narkoba melalui sarasehan para kepala adat, mengingat peredaran barang haram ini, kian marak hingga ke pelosok.

Mewakili Kadis Pariwisata dan Budaya Balangan, Kabid Pariwisata H Syaifuddin dalam sambutannya saat membuka acara menyampaikan, Pesona Dayak Meratus sudah menjadi kalender even wisata nasional wilayah Kalsel.

"Ini tentunya menjadi catatan tersendiri bagi kita untuk terus berbenah, agar kegiatan semacam ini, gaungnya terus menggema. Pemerintah sangat mengapresiasi inovasi berbasis budaya yang dilaksanakan Dewan Adat Dayak Balangan," tegas Syaifuddin. (MC Balangan/Sugi/Me/toeb)