Dasawisma Adelwise Arikia Terima Bantuan KRPL Rp50 juta

:


Oleh MC KAB AGAM, Rabu, 4 April 2018 | 08:50 WIB - Redaktur: Kusnadi - 1K


Agam, InfoPublik - Kelompok Dasawisma Adelwise II Jorong Arikia Nagari Tanjung Sani Kecamatan Tanjung Raya, terpilih salah satu dari lima kelompok tani penerima bantuan dana Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) dari Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Agam, Selasa (3/4) Arikia. Kelompok Dasawisma Adelwise II Arikia juga merupakan juara terbaik lomba Ketua Dawisma tingkat Provinsi Sumbar tahun 2018.

KRPL adalah, unit-unit rumah tangga yang menerapkan prinsip pemanfaatan pekarangan secara optimal yang ramah lingkungan dan ditopang oleh maksimalisasi produktifitas lahan di luar pekarangan dan di dalam kawasan untuk pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi keluarga serta meningkatkan pendapatan dan kesejahteraannya berbasis partisipasi aktif dan terintegrasi dalam masyarakatnya.

Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan, Kabupaten Agam, Ermanto, usai menyerahkan bantuan, mengatakan dipilihnya Kelompok Dasawisma Adelwise II Arikia bukan karena berhasil memenangkan lomba di tingkat provinsi, namun pihaknya menilai bahwa Dasawisma Adelwise memang layak mendapatkan bantuan KRPL setelah dilakukan survey ke lapangan.

"Hanya saja momennya pas diwaktu Dasawisma Adelwise II Arikia juara satu. Anggap ini sebuah reward dari pemerintah, melalui usulan dari PKK Kabupaten, dan ternyata benar bahwa Dasawisma Adelwise II pantas diberikan bantuan, karena mereka bisa memanfaatkan perkarangan rumah sebagai perkarangan yang hidup," katanya.

Ia menyebutkan, dana yang diberikan kepada Dasawisma Adelwise secara bertahap selama setahun. "Dana itu hanya digunakan untuk keperluan peningkatan ketahanan pangan di lingkungan rumah, seperti membuat perkarangan tanaman pangan, membeli bibit tanaman. Apabila dana itu tidak dikembangkan dengan baik, maka bantuan selanjutnya tidak akan diberikan," tegasnya.

Pahun tahun 2018 pihaknya menganggarkan dana KRPL sebesar Rp250 juta yang diberikan kepada lima kelompok tani, masing-masing mendapatkan Rp50 juta, diantaranya Kelompok Tani (Keltan) Sinar Harapan Nagari Sipinang Kecamatan Palembayan, Keltan Karya Maju Nagari Koto Tuo Silungkang Kecamatan Palembayan, Kelompok Wanita Tani Mandiri Nagari Nan Tujuah Kecamatan Palupuh, Keltan Berkat Tani Nagari Malalak Selatan, dan Kelompok Dasawisma Adelwise II Arikia Kecamatan Tanjung Raya. 

Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Agam, Ny. Candra Trinda Farhan Satria, berharap kepada kelompok Dasawisma menjadikan bantuan tersebut sebagai motivasi bagi kader PKK untuk tetap mengaktifkan kegiatan Dasawisma di tengah masyarakat. 

"Rawat dan jaga apa yang sudah dilakukan. Jangan dibiarkan tanaman yang sudah mati, Karena saat ini Dasawisma Adelwise sedang disorot daerah lain," pinta Ny. Candra.

Sementara itu, Tokoh Masyarakat, Dt Mangkuto Sati, mengucapkan terimakasih dan apresesiasi atas keberhasilan Dasawisma Adelwise II Arikia yang sudah menjadi terbaik satu ditingkat provinsi. 

"Terkait bantuan ini juga, kita harapkan bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dengan mengedepankan kepentingan bersama untuk kemajuan bersama," pintanya.(MC Kab. Agam/Kus)