Pemko Pematangsiantar Salurkan 2.717 PBI-KIS

:


Oleh MC KOTA PEMATANGSIANTAR, Selasa, 3 April 2018 | 17:03 WIB - Redaktur: Noor Yanto - 476


Pematangsiantar, InfoPublikWali Kota, Togar Sitorus, SE. MM menyerahkan secara simbolis Kartu Indonesia Sehat (KIS) atau kartu BPJS Kesehatan kepada 2.717 warga penerima bantuan iuran (PBI) yang bersumber dari APBD kota Pematangsiantar, di kantor Lurah Suka Maju, Jalan Farel Pasaribu, Kecamatan Siantar Marihat, Selasa (3/4).

Dalam sambutan walikota yang dibacakan wakilnya mengatakan, pemerintah kota Pematangsiantar mengharapkan diakhir tahun 2018 ini tidak ada lagi masyarakat kurang mampu yang tidak tertanggulangi masalah kesehatannya. Tahun ini sebanyak 7.000 peserta penerima bantuan kesehatan ditambah tahun 2017 yang hanya 3.000 peserta, jadi total penerima bantuan iuran (PBI) KIS sebanyak 10 ribu jiwa.

"Ini salah satu bentuk kepedulian maupun kebijakan Pemerintah Kota Pematangsiantar dalam rangka penanggulangan pengentasan masalah kesehatan kepada masyarakat kurang mampu", ujarnya.

Togar Sitorus mengharapkan kepada aparatur dalam penentuan keakuratan data, supaya segera menuntaskan data tersebut agar masuk ke dalam basis data terpadu (BDT). Begitu juga agar masyarakat yang sudah mampu yang masih menjadi pemegang JKN-KIS mandiri, supaya dengan kerelaan dan ketulusan hatinya menyadari dan melaporkan kepada aparat kelurahan untuk digantikan dengan masyarakat yang lebih layak.

Sehingga dapat terlaksana keseimbangan sesuai dengan amanat undang undang nomor 11 tahun 2009 tentang kesejahteraan sosial, serta permensos RI nomor 5 tahun 2016 tentang pelaksanaan peraturan pemerintah nomor 76 tahun 2015 tentang perubahan atas peraturan pemerintah nomor 101 tahun 2012 tentang penerima bantuan iuran jaminan kesehatan, tuturnya.

Selanjutnya dia menerangkan, sebanyak 2.717 penerima bantuan iuran (PBI) Kartu Indonesia Sehat warga kota Pematangsiantar tersebar dari 8 (delapan) kecamatan dengan rincian, Siantar Utara sebanyak 287 peserta, Siantar Barat sebanyak 182 peserta, Siantar Timur sebanyak 780 peserta, Siantar Selatan sebanyak 62 peserta, Siantar Marimbun sebanyak 262 peserta, Siantar Martoba sebanyak 365 peserta, Siantar Marihat sebanyak 299 peserta dan Siantar Sitalasari sebanyak 460 peserta, sementara kekurangannya masih dalam proses.

Camat Siantar Marihat Johannes Sihombing, S.STP mengatakan, penyerahan bantuan secara simbolis ini kita undang sebanyak 29 Kepala Keluarga (KK). Ia juga berharap masyarakat dapat menikmati bantuan tersebut dengan baik serta mengingatkan kepada masyarakat lainnya, bantuan ini wujud nyata atas kepedualian Pemerintah Kota dengan masyarakatnya.

Sebelumnya kadis Sosial Pariaman Silaen, SH dalam laporannya menjelaskan, bantuan ini bertujuan untuk mempercepat penanggulangan kemiskinan, meningkatkan kesejahteraan kesehatan masyarakat dan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya kesehatan, ujarnya.

Mengenai masih kurangnya peserta penerima bantuan sesaui dengan target 10 ribu jiwa, kata Pariaman, bisa tuntas di bulan Mei ini.

"Kekurangannya sekitar 2 ribu jiwa, namun kita mengharapkan masyarakat jujur, sehingga proses kita cepat, memberitahukan apa adanya, karena data-data peserta BPJS Kesehatan ini sudah ada di data komputer dan terdaftar secara online", katanya. (Humas/C1/Noor).