Wisatawan Asal Prancis Tertarik Kunjungi Wisata Budaya Temanggung

:


Oleh MC KAB TEMANGGUNG, Senin, 2 April 2018 | 18:06 WIB - Redaktur: Noor Yanto - 371


Temanggung, InfoPublik – Adanya turis asing dari mancanegara yang mengunjungi Kabupaten Temanggung terus diupayakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Temanggung dengan menguatkan wisata budaya yang terdapat di Dusun Cepit Desa Pagergunung Kecamatan Bulu Temanggung, agar menjadi magnet bagi wisatawan mancanegara (wisman).

Terbukti dari acara Rejeban Plabengan yang diadakan pada kemarin Jumat (30/3), tidak hanya wisatawan yang berasal dari luar daerah saja, tetapi juga terdapat wisman dari Prancis.

Salah seorang wisman yang bernama Fabian (25), menjelaskan dalam wawancara dengan media center, bahwa baru pertama kali untuk singah dan mengunjungi Temanggung. Akan tetapi pihaknya langsung takjub dengan keindahan alam dan budaya yang terdapat di Kabupaten Temanggung.

“Wisata budaya yang terdapat di Temanggung begitu kaya, beragam dan sangat bervariasi. Hal ini yang menjadikannya tertarik untuk mengunjungi lokasi tersebut dan ingin melihatnya secara langsung,” paparnya.

Disela-sela acara Rejeb Plabengan tersebut, Kepala Dinbudpar Temanggung, Wara Anjani mengemukakan dalam wawancaranya, bahwa pariwisata berbasis budaya justru bisa menjadi kekuatan sosial untuk meningkatkan pemahaman lintas budaya, serta memotivasi untuk melestarikan budaya dan lingkungan, bahkan dapat memperkuat semangat kebangsaan masyarakat.

Terkait dengan adanya Rejeban Plabengan di Dusun Pagergunung ini, selain untuk meningkatkan dan mengembangkan potensi pariwisata budaya. 

“Pihak Pemerintah Daerah juga ingin lebih memperkenalkan lokasi tersebut sebagai icon budaya yang unik dan indaah, dengan mengadakan lomba fotografi on the spot,” paparnya. (MC TMG/Agung/Ekape/Noor)