Camat Pantau Peredaran Ikan Sarden

:


Oleh MC KOTA BATAM, Senin, 2 April 2018 | 10:58 WIB - Redaktur: Tobari - 247


Batam, InfoPublik - Camat Sagulung Reza Khadafy menegaskan akan tetap mengawasi peredaran  27 merek ikan mackerel  di dalam kemasan kaleng berparasit cacing.

"Kita akan tetap melakukan pengawasan terhadap swalayan atau minimarket sesuai intruksi kepala Dinas Kesehatan dan pihak BPOM Kepri," ujarnya saat melaksanakan razia di swalayan Sagulung sekitarnya, Minggu (1/4).

Camat Sagulung mengatakan, memang sebelumnya pernah ditemukan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) tentang adanya 27 merek produk ikan makerel (mackerel) dalam kaleng yang berparasit cacing.

Ia juga menuturkan, pihaknya akan terus melakukan pemantauan terhadap swalayan maupun minimarket. Dan jika ada lagi ditemukan akan langsung kita sita dan ditarik. "Bukannya disini aja. Kita juga akan melakukan pemantauan terhadap swalayan maupun minimarket yang di seputaran Sagulung ini. Jika masih ada ditemukan akan kita sita," tegasnya lagi.

Sebelumnya, Dinkes Kota Batam bekerja sama dengan Kecamatan Sagulung, kelurahan Tembesi, TNI dan Kepolisian, merazia grosir serta minimarket yang menjual ikan kaleng yang mengandung cacing, Sabtu (31/3) .

Dalam razia tersebut, pihaknya masih menemukan cacing warna putih yang masih hidup didalam kemasan merek mackarel. Cacing itu keluar dari dalam ikan setelah dibelah menggunakan sendok. "Cacingnya keluar dari dalam ikan saat dibuka dari kaleng merek Jojo," ujar dokter Shinta dari Puskesmas Sei Langkai saat di lokasi razia.

Masih kata Dokter Shinta, pihaknya turun langsung ke lapangan karena diketahui sangat berbahaya bagi manusia apalagi di komsumsi. Sesuai dari perintah Kementerian Kesehatan dan BPPOM soalnya ada tiga item pertamanya, lalu ada 27 item lagi yang tak boleh diedarkan.

Sementara di Tembesi, Sagulung, pihak Dinkes tak menemukan ikan kaleng dari 27 item yang dilarang beredar yang mengandung cacing. Pada saat melakukan razia, ada dua tim dengan 13 titik lokasi, yang mulai dari pasar Buana Impian, mini market Cipta Asri, Plaza Tembesi, SP Plaza, Supermarket Top 100 dan lainnya. (HK/toeb)