TNI AL Gelar Baksos di Lampung Tengah

:


Oleh Yudi Rahmat, Minggu, 1 April 2018 | 12:20 WIB - Redaktur: Juli - 1K


Lampung Tengah, InfoPublik - Asisten Logistik Kepala Staf Angkatan Laut (Aslogkasal) Laksamana Muda TNI Mulyadi, memimpin kegiatan puncak bakti sosial (Baksos) TNI AL 2018  di Lapangan 45, Desa Bandar Agung, Kecamatan Terusan Nunyai, Kabupaten Lampung Tengah, Sabtu (31/3).

Operasi baksos ini diselenggarakan di dua tempat berbeda di Kawasan Lampung yaitu Lampung Tengah yang dilaksanakan mulai 28-31 Maret 2018 sedangkan di Lampung Utara dilaksanakan 1 April 2018.

Kegiatan puncak operasi baksos yang mengungsung tema "Melalui Operasi Bakti TNI Angkatan Laut 2018 Di Lampung Kita Tingkatkan Sinergitas Kemanunggalan TNI Angkatan Laut Bersama Rakyat Guna Mewujudkan Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia" ini diawali dengan pengalungan kain tapis khas Lampung kepada Aslog Kasal.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi,  dalam amanat tertulis yang dibacakan Aslog Kasal mengatakan, pemberdayaan wilayah pertahanan laut diselenggarakan melalui usaha membangun dan membina kemampuan seluruh sumber daya nasional bidang maritim, dengan menggerakkan seluruh komponen masyarakat dalam bentuk pembinaan potensi maritim (Binpotmar). 

Salah satu kegiatan binpotmar TNI AL diselenggarakan secara serentak yang melibatkan Pemerintah Daerah dan elemen masyarakat untuk membangun, membina dan mengembangkan potensi bagi kemakmuran rakyat Indonesia.

"Hal ini merupakan wujud nyata kemanunggalan TNI terhadap rakyat yang melibatkan TNI Angkatan Laut, Pemerintahan Lampung khususnya Kabupaten Lampung Tengah dan masyarakat setempat melalui pembinaan potensi nasional bidang maritim berupa bakti TNI diharapkan dengan suksesnya operasi bakti sosial dan kesehatan TNI AL ini dapat memberikan kontribusi positif dalam upaya percepatan pembangunan hingga ke daerah plosok," ujar Kasal.

Baksos ini telah melaksanakan berbagai kegiatan meliputi renovasi tiga sekolah, renovasi sepuluh unit rumah, renovasi Balai Kampung dan Gapura Kampung, monumen, normalisasi bendungan, penanaman seribu pohon, pelayanan kesehatan, sunatan massal dan pembagian sembako, penyuluhan kesehatan umum, hukum, mitigasi bencana dan kewirausahaan, pameran TNI AL serta perkemahan kebangsaan Pramuka Saka Bahari Wilayah Lampung.

Kegiatan ini juga dimeriahkan dengan demonstrasi dari Gita Jala Taruna Jaya Marching Band, Free Style Lanal Lampung, Free Fall Kopaska Koarmabar dan Pameran Alutsista TNI AL yang berhasil memukau masyarakat Desa Bandar Agung, Lampung Tengah.

Selanjutnya kegiatan ini diakhiri dengan penanaman pohon, pameran TNI AL dan peninjauan musola serta rumah warga yang telah direnovasi.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Lampung Tengah, para Pengurus Inti Pusat Jalasenastri, Kadispenal, Kadiswatpersal, Waaspotmar Armabar, Danlantamal III, para pejabat wilayah Lampung, para staf Spotmar Mabesal, para Staf Lanal Lampung dan Ibu-ibu Jalasenastri Wilayah Lampung.