Anies Tinjau Lokasi Kebakaran Taman Kota, Pastikan Bantuan Tersalurkan

:


Oleh G. Suranto, Jumat, 30 Maret 2018 | 21:15 WIB - Redaktur: Juli - 572


Jakarta, InfoPublik - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau langsung lokasi kebakaran di Perumahan Taman Kota Blok A1, RT.01 dan RT.16, RW.05, Kelurahan Kembangan Utara, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat, Jumat (30/3).

Kedatangan Anies beserta istri, Fery Farhati Baswedan, bertujuan memastikan penanganan oleh petugas di lokasi serta bantuan kepada korban kebakaran dapat segera tersalurkan.

Seperti diketahui, kawasan pemukiman Taman Kota dilahap api pada Kamis (29/3), sejak Maghrib sekitar pukul 18.00 WIB hingga dapat dipadamkan pada Jumat (30/3) pukul 01.00 WIB. Berdasarkan data yang diterima Gubernur Anies, sebanyak 300 rumah yang terdiri atas 600 kepala keluarga, dan 2.500 jiwa penduduk menjadi korban dalam kebakaran ini.

“Saya tadi lihat ke dalam dan habis semua tidak tersisa. Meskipun demikian, saya apresiasi kinerja tim pemadam kebakaran yang mencegah kebakaran meluas,” ujar Anies usai meninjau lokasi kebakaran tersebut.

Disebutkan, Pemprov DKI Jakarta melalui Suku Dinas Sosial Jakarta Barat telah menyiapkan 2.500 makanan dan sudah didistribusikan, sehingga kebutuhan pangan terjamin.

Dirinya juga memastikan bantuan sandang seperti pakaian, selimut, dan seragam sekolah tersalurkan dengan baik. “Sudin Sosial juga sudah menyiapkan tempat pengungsian bagi korban kebakaran, mulai dari Musholah, Balai RW, dan disiapkan pula tenda tenda yang merupakan bantuan dari TNI untuk membantu para korban,” jelasnya.

Ia menambahkan, menyadari bahwa kebakaran juga membuat banyak warga kehilangan surat berharga mereka. Maka, dirinya memastikan Pemprov DKI Jakarta melalui Pemkot Administrasi Jakarta Barat akan bekerja cepat mendata dan mengganti surat berharga milik warga.

“Saya jamin akan diganti surat berharganya, karena ini bagian dari kebutuhan dasar, tanpa ada surat itu mereka akan kesulitan mengurus apa pun, maka dari itu nanti pak lurah dan camat akan mendata, kita bantu semua termasuk biaya akan digratiskan,” paparnya.

Ia juga berpesan kepada para korban untuk bersabar atas musibah kebakaran ini. “Saya katakan memang berat dijalani, kita doakan dan mendukung, serta yang pasti seluruh jajaran Sudin di Jakbar akan all out memastikan semua korban tertangani dengan baik,” ungkapnya.