Pulang Pisau Kembangkan Lahan Jagung Seluas 2000 Hektare

:


Oleh MC KAB PULANG PISAU, Jumat, 30 Maret 2018 | 14:27 WIB - Redaktur: Taofiq Rauf - 404


Pulang Pisau, InfoPublik - Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Pulang Pisau Provinsi Kalimantan Tengah menargetkan pengembangan lahan jagung seluas 2000 hektare di tahun 2018 untuk Desa Wono Agung dan Desa Purwodadi di Kecamatan Maliku.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pulang Pisau Slamet Untung Rianto saat dikonfirmasi, Kamis (29/3) mengatakan Desa Wono Agung dan Desa Purwodadi kecamatan Maliku memang menjadi target sentra pengembangan lahan tanaman jagung seluas 2000 hektare. Sebelumnya Kabupaten Pulang Pisau telah memiliki lahan tanaman jagung seluas 500 hektare pada tahun 2017.

Kedepannya kata Slamet, selain dua desa yang disebutkan, desa lainnya juga akan dipersiapkan untuk sentra pengembangan lahan tanaman jagung, jika wilayahnya memiliki potensi untuk pengembangan tanaman jagung.

Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah Sugianto Sabran sendiri, lanjut Slamet, telah menginstruksikan Kabupaten Pulang Pisau bisa mengembangkan lahan tanaman jagung seluas 7000 hektare.

Namun begitu, Slamet mengakui untuk perluasan atau pembukaan lahan baru dipastikan petani memerlukan biaya yang cukup besar dalam pelaksanaannya. Padahal bantuan yang didapatkan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi maupun Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) rata-rata hanya dapat membantu bibit dan sarana produksi.

"Sehingga pihaknya hanya dapat menargetkan sesuai dengan potensi dan kondisi yang ada di Wilayah Kabupaten Pulang Pisau. Namun begitu kami tidak akan mengalihfungsikan lahan padi menjadi lahan pengembangan jagung," tegas Slamet. (MC. Pulang Pisau/Ayu/Rj/TR)